News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Pengertian 'Haji' yang sebenarnya

Pengertian 'Haji' yang sebenarnya

 


Dalam kajian bahasa 'Hajah"itu artinya adu argumen,secara kasarnya 'bertenggar','adu mulut' sumbernya dari kata 'hajah'.Hajah itu bisa positif bisa  juga di artikan negatif , dalam Al Quran tentunya yang positif. Hajah itu 'adu argumen' atau adu 'dalil'. Intinya seperti diskusi, ini makna dasarnya.Intinya adalah berhujah amksudnya mempertahankan argumen yang dasarnya  harus menang.

 

Arti 'Diskusi' dalam KBBI artinya:

diskusi/dis·ku·si/ n pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran mengenai suatu masalah: 

berdiskusi/ber·dis·ku·si/ v mengadakan diskusi; bertukar pikiran.

 

Surat An Nisa Ayat (59)

Yaaa aiyuhal laziina aamanuuu atii'ul laaha wa atii'ur Rasuula wa ulil amri minkum fa in tanaaza'tum fii shai'in farudduuhu ilal laahi war Rasuuli in kuntum tu'minuuna billaahi wal yawmil Aakhir; zaalika khairunw wa ahsanu taawiilaa
 
"Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya".
 
Ulil Amri sebutan lain rasul (salah satu orang yang mendapat perintah  atau amanah dari Allah, yang menerima itu adalah yaitu Rasul), Ulil Amri itu khusus yang di tuju kepada Rasul.
 
Ulil Amri adalah seseorang atau kelompok untuk mmgurus pentingan umat.
 
Jadi kesimpulanya orang berhaji itu adalah orang yang membawa argumen demi memenangkan ajaran Allah (islam).Berhaji itu untuk berdebat antar mukmin di seluruh dunia sesuai aturan Al Quran dan Sunnah Muhammad (Al Quran Menurut Sunah Rasul - AQMSR)

Bahasa intetektualnya atau bahasa akademisinya 'Kongres' atau 'Muktamar'
 
 Arti 'Kongres' dalam KBBI adalah:

kongres/kong·res/ /kongrés/ n 1 pertemuan besar para wakil organisasi (politik, sosial, profesi) untuk mendiskusikan dan mengambil keputusan mengenai pelbagai masalah; muktamar; rapat besar; 2 pertemuan wakil-wakil negara untuk membicarakan satu masalah
 
sedangkan arti 'Muktamar dalam KBBI adalah:
 
muktamar/muk·ta·mar/ n konferensi; kongres; rapat; perundingan; pertemuan
 
Para hairin dan peserta Haji itu sebenarnya muktamirin,istilah lain dari muktamirin itu adalah  'Delegasi'
 
muktamirin/muk·ta·mi·rin/ n para peserta muktamar:
 
Arti dari 'Delegasi menurut KBBI adalah:
 
delegasi/de·le·ga·si/ /délegasi/ n 1 orang (orang) yang ditunjuk dan diutus oleh suatu perkumpulan (negara dan sebagainya) dalam suatu perundingan (musyawarah dan sebagainya); perutusan.
 
Berhaji itu dalam arti di atas sebenanrya terbatas dan hanya perwakilanya saja yang hadir, perwakilan yang memilik ilmu dan faham Al Quran dan Hadis.
 
 Bahwa yang hadir dalam berhaji itu akan menyerukan: Labbaik Allahumma Labbaik, artinya adalah : "kami memenuhi dan akan melaksanakan perintah-Mu ya Allah". Berhaji itu untuk tingkat 'Duta", duta itu maksudnya pilihan dari pengurus-pemgrus masjid-masjid di  tiap pelosok dunia.Bukan hanya acara ritual saja untuk menunaikan 'Haji'.


 



Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.