News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Inilah 5 Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Inilah 5 Manfaat Puasa untuk Kesehatan



THE JAMBI TIMES - – Puasa merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat muslim yang telah memenuhi syarat di Bulan suci Ramadhan. Selain untuk meningkatkan kadar keimanan diri dalam rangka mencapai derajad taqwa, puasa ternyata juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan jasmani. Apa saja manfaat puasa untuk kesehatan? Berikut ulasan selengkapnya.

Manfaat Puasa untuk Kesehatan

1. Sebagai program diet paling sehat

Puasa bisa dijadikan sebagai alternatif program diet yang sehat, bahkan paling sehat. Puasa merupakan salah satu cara yang aman dan efektif untuk menurunkan berat badan. Pasalnya ketika seseorang tengah berpuasa, tubuh akan memiliki kemampuan untuk membakar sel – sel lemak berlebih secara efektif. Hal ini tentu sangat baik bagi Anda yang memang tengah berencana menurunkan berat badan secara sehat.

2. Melancarkan dan mempercepat proses metabolisme tubuh

Berpuasa ternyata mampu membantu organ – organ dalam tubuh seseorang bekerja lebih baik. Saat seseorang tengah berpuasa sistem pencernaannya akan memiliki waktu untuk beristirahat, dengan demikian sistem inipun dapat bekerja lebih efektif. Oleh sebab itu, proses metabolisme makanan dan proses pembakaran lemak dalam tubuh akan berjalan lebih cepat. Hasilnya pun fungsi organ dalam tubuh akan lebih optimal. Selain itu, akhibat metabolisme yang cepat paparan racun dalam tubuhpun akan berkurang sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat.

3. Mencegah penuaan dini

Percaya atau tidak puasa ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan. Yap hal ini dikarenakan puasa membantu tubuh untuk memperlancar dan mempercepat proses metabolesme. Salah satu manfaat dari metabolisme yang cepat dan lancar ini adalah mencegah penuaan dini.

4. Meningkatkan fungsi kerja otak

Puasa dapat menyehatkan otak? Ya bisa jadi seperti itu. Saat seseorang tengah berpuasa, akan terjadi produksi protein di dalam otak yang dikenal dengan brain-derived neurotrophic factor atau BDNF. Protein ini akan membantu mengaktifkan sel – sel batang otak yang kemudian diubah menjadi neuron baru dan akan mempromosi kan kesehatan saraf. Selain itu, protein otak ini juga dapat melindungi sel – sel otak dari masalah penuaan yang dapat berakibat pada terjadinya penyakit Parkinson.

5. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

Disadari atau tidak ketika tengah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, seseorang umumnya lebih selektif dalam memilih menu makanan. Berbeda dengan waktu – waktu biasanya, saat berpuasa biasanya seseorang berusaha untuk memastikan bahwa hanya makanan sehat saja yang masuk ke tubuh. Hal ini tentu berdampak baik bagi tubuh. Tak hanya bagi organ pencernaan, tetapi makanan yang sehat ternyata juga dapat membantu kulit lebih bersih dan bercahaya. Apalagi makanan – makanan yang kaya vitamin dan mineral.

Nah itu tadi beberapa manfaat puasa untuk kesehatan. Sudah banyak penelitian ilmiah yang membuktikan kebenaran bahwa puasa ternyata juga sangat baik untuk kesehatan tubuh seseorang.(viaberita)
JADWAL IMSYAKIAH 2016 JAMBI
ICE2016

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.