News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Pemberlakuan Karcis Parkir Amanat Perda

Pemberlakuan Karcis Parkir Amanat Perda



The Jambi Times - Jambi - Kepala Satpol PP Kota Jambi, Irwansyah mengatakan pemberlakuan karcis masuk kawasan Kantor Walikota Jambi akhir-akhir ini merupakan amanat peraturan daerah. Demikian dikatakan Irwansyah kepada wartawan, di Gedung DPRD Kota Jambi, Senin (07/03).

Menurut Irwansyah, pemberlakuan karcis masuk itu berlaku kepada setiap tamu yang masuk kawasan kantor walikota. Sedangkan jika PNS, dia harus dapat menunjukan tanda pengenal kepegawaian.

Seperti diberitakan sebelumnya, Guna mengantisipasi pencurian
kendaraan bermotor (ranmor) di Kantor Walikota Jambi, Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi memberlakukan karcis masuk untuk wilayah Kantor Walikota Jambi.

Karcis itu hanya diberikan kepada pengendara sepeda motor pada pintu masuk, dan kemudian akan dikembalikan pada petugas ketika melewati pintu keluar. Sejauh ini program itu tak dipungut biaya sedikitpun, karena petugas hanya menjaga keamanan kendaraan yang parkir di lingkungan Kantor Walikota.

Seorang pengendara sepeda motor, Pandi mengaku jika tak mengambil
karcis pada pintu masuk, maka petugas pada pintu keluar akan meminta diperlihatkan STNK. Gunanya untuk mencocokan nomor plat sepeda motor antara yang tertera di STNK dengan plat polisi yang menempel di motor.

"Ini ide bagus, karena dengan begitu paling tidak dapat meminimalisir
atau mencegah kehilangan kendaraan bermotor", ujarnya.

Menurut Pandi dirinya sama sekali tak berkeberatan diminta perlihatkan STNK oleh petugas Satpol PP. Karena jika ingin aman maka harus ada upaya pencegahan sejak dini. Salah satunya dengan sistem yang diterapkan oleh Satpol PP saat ini.

Pantauan koran ini, kendaraan bermotor yang diparkir di Kantor Walikota sangat banyak. Jumlahnya bisa mencapai ratusan unit, baik
milik pegawai negeri sipil (PNS) maupun kendaraan tamu yang datang ke kantor itu.

Tapi sayangnya, tempat parkir untuk ranmor ini minim, sehingga
sebagian besar ranmor diparkir diluar tempat parkir bahkan hingga ke
teras kantor. Ironisnya parkir kendaraan inipun ada yang memakan badan jalan dalam wilayah kantor. (*/rizalependi)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.