News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Ta'un

Ta'un



MUNGKIN sebagian orang kenal dan akrab  dengan kata atau sebutan 'Ta'un' tetapi juga banyak yang tidak mengerti apa itu maksud dari kata atau singkatan Ta'un.

Kata ini sering diucapkan kepada seseorang, apakah dia itu seorang teman, orang lain yang dianggap melakukan kesalahan atau melakukan perbuatan yang menyinggung perasaan teman atau orang lain.

Sebutan Ta'un ini bisa juga sebagai kata gurauan terkadang juga kata itu mengandung ejekan yang serius, tergantung apa yang dipersoalkan.

Apakah ini berasal dari bahasa daerah, melayu atau hanya bahasa pergaulan zaman beken.

Kata ungkapan ini sepertinya sudah asing terdengar di telingga generasi Smart City. saat ini. 

Justru kata 'Anjar' yang kini terkenal luas, kata Anjar atau 'Anjir' diplesetkan dari nama hewan peliharaan yaitu 'Anjing'. 

Namun kata itu tidak boleh lagi dipergunakan oleh siapa pun dalam arti sudah di larang oleh Lembaga Negara. 

Tapi masih saja diviralkan terus oleh warganet di media sosial hingga anak berusia 5 sampai 6 tahun pun sering mengucapkan kata itu.

Kembali ke kata atau sebutan Ta'un,  eksistensi dari Ta'un dan Anjir itu sebenarnya perkataan yang tidak mencerminkan akhlak seseorang. karena mungkin bahasa itu terlalu kasar atau tidak sopan di dengar.

"Ta'un kau ini, seenaknya saja menuduh  aku terima bagian uang yang kamu terima kemarin".

Kata siapa, yah kata yang memberikan uang itu, padahal uang itu sama sekali aku tidak tahu, kamu bilang aku terima bagian uang dari kamu, dasar Ta'un kau ini".

"Tolong kau klarifikasi soal itu ya",jangan menjadi fitnah".

"Dasar memang  Ta'un lah kau ini, aku yang kasih lokak 86, sudah dapat uang diam-diam lagi, kau tuduh  pula sudah bagi aku. Memang  dasar Ta'un la kau ya"

Begitulah contoh kasus kata ungkapan sebutan 'Ta'un kepada seseorang yang merasa di zholimi atau di hianati dari arti sebuah pertemanan.

Jika kita perhatikan ungkapan kata Ta'un itu mungkin menggambarkan kisah seorang Kerajaan Mesir Kuno yang sangat kejam dan biadab dalam memimpin suatu negara.

 Yang otoriter, penuh dengan kezholiman dan melanggar Hak Azazi Manusia yang sangat brutal.

Mungkin itu asal-usul kata ungkapan kebencian, candaan atau ledekan dalam pergaulan sehari-hari ditengah masyarakat.

Menurut hemat saya kata 'Ta'un' itu adalah kata singkatan dari kalimat 'otak Fir'aun'.

Makanya jangan sampai teman mengucapkan ungkapan kata 'T'aun' kepada kita, jagalah hubungan pertemanan dan jangan mau di sebut Ta'un karena masalah bagi-bagi 'CUAN'.









Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.