News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

NU Ingatkan Penggemar Batu Tidak Mendewakan Bacin

NU Ingatkan Penggemar Batu Tidak Mendewakan Bacin


The Jambi Times -Sarolangun - Sepertinya masyarakat Kabupaten Sarolangun saat ini masih gila-gilanya dengan batu cincin (bacin), tidak tanggung-tanggung pengemar batu alam sarolangun tersebut berasal dari semua kalangan dan berbagai usia termasuk kaum hawa.

Dengan demikian mengundang perhatian serius dari tokoh agama sarolangun, sebab melihat kegemaran masyarakat terhadap batu cincin saat ini sangat luar biasa, bahkan ada yang beranggapan dengan menggunakan cincin tersebut bisa membawa keberanian atau lain sebagainya.

Oleh karena itu Ketua Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (NU) Sarolangun H Muhammad Zaidan mengingatkan masyarakat sarolangun untuk tidak mendewakan cincin tertentu, karena bisa merusak akidah.
“Saat inikan masyarakat kita lagi sibuk-sibuknya dengan batu cincin, jadi saya himbau agar tidak terjerumus dalam kesesatan, dengan mendewakan batu cincin tertentu sehingga bisa menimbulkan syirik,”terang Zaidan kemarin (22/1).

Diakui Zaidan, menggunakan cincin memang tidak ada larangan dalam agama islam, bahkan Nabi Muhammad dulu menggunakan cincin besi,meskipun demikian dirinya tetap mengingatkan pada pengguna cincin untuk melepas cincin saat hendak berwudhuk.

“Selain jangan mendewa-dewakan cincin atau batu cincin tertentu, perlu juga diperhatikan saat mau berwudhuk, sebab kalau tidak dilepas bisa menghalagi air wuduk, dan bisa mengakibatkan wudhuk kita tidak sah,”terang Zaidan.

Selain itu Zaidan juga meminta agar,para pengemar Bacin  dalam mengunakan cicin hanya untuk acesories semata.

‘’yang terpanting adalah,bagaimana kita perlakukan cicin,sebagai hiasan,saja dan jangan terlalu berleih,sebab hal itu bisa saja menimbulkan ria’’tegasnya.

Namun jika dalam momen maraknya pencinta bacin,bisa menimbulkan dampak baik di tegah masyarakat,itu di persilahkan saja.

‘’jika ada nilai untuk manfaat silahkan saja,dan kita akui bahwa dengan matraknya pencinta bacin,juga membuat lapangan kerja bagi masyarakat,namun yang jelas jangan mendewakan batu cicin’’pungkasnya.(dar/foto:ist)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.