News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

55th Anniversary of The Rolling Stones’ “Honky Tonk Women”

55th Anniversary of The Rolling Stones’ “Honky Tonk Women”




The Rolling Stones merilis single mereka "Honky Tonk Women" pada tanggal 4 Juli 1969 di Britania Raya, dan seminggu kemudian di Amerika Serikat (meskipun versi country yang diberi judul "Country Honk" kemudian dimasukkan dalam album Let It Bleed ). Lagu ini menduduki puncak tangga lagu di kedua negara. 


Lagu ini ditulis oleh Mick Jagger dan Keith Richards saat berlibur di Brasil dari akhir Desember 1968 hingga awal Januari 1969, terinspirasi oleh Brasil "caipiras" (penduduk pedesaan, daerah terpencil dari bagian Brasil) di peternakan di mana Jagger dan Richards tinggal di Matão, São Paulo. Dua versi dari lagu tersebut direkam oleh band: hit familiar yang muncul di single 45 dan koleksi single mereka di akhir 1960-an, Through the Past, Darkly (Big Hits Vol. 2); dan versi honky-tonk berjudul "Country Honk" dengan lirik yang sedikit berbeda, yang muncul di Let It Bleed (1969). 


Secara tematik, seorang "honky tonk woman" mengacu pada seorang gadis menari di bar barat yang mungkin bekerja sebagai pelacur; pengaturan untuk narasi dalam bait pertama dari versi rock-and-roll adalah Memphis, Tennessee : "I met a gin soaked bar-room queen in Memphis", sementara "Country Honk" menetapkan bait pertama di Jackson, Mississippi : "I’m sittin’ in a bar, tipplin’ a jar in Jackson". 


Band ini awalnya merekam lagu yang diberi judul "Country Honk," di London pada awal Maret 1969. Brian Jones hadir selama sesi-sesi ini dan mungkin telah bermain pada awal pengambilan dan demo pertama. Itu adalah sesi rekaman terakhirnya dengan band. Lagu ini diubah menjadi hit single, berbasis riff elektrik "Honky Tonk Women" pada musim semi tahun 1969, sebelum Mick Taylor bergabung dengan grup. Dalam sebuah wawancara di majalah Crawdaddy!, Richards memuji Taylor karena mempengaruhi lagu: "... lagu ini awalnya ditulis sebagai lagu country 1930an bergaya Hank Williams/Jimmie Rodgers. Dan itu diputar balik untuk hal lain oleh Mick Taylor, yang menjadi benar-benar berbeda rasa, merubahnya dengan cara lain." Namun, pada tahun 1979 Taylor mengingatnya seperti ini: "Saya benar-benar menambahkan sesuatu kepada Honky Tonk Women, tetapi itu kurang lebih selesai pada saat saya tiba dan melakukan overdubs saya." 


"Honky Tonk Women" adalah khas karena tidak dibuka dengan riff gitar, tetapi dengan beat dimainkan pada cowbell. Produser Rolling Stones, Jimmy Miller, menampilkan cowbell untuk rekaman. 


Konser rendisi dari "Honky Tonk Women" di Get Yer Ya-Ya's Out! (1970) berbeda secara signifikan dari hit studio, dengan pengenalan gitar yang sangat berbeda dan penampilan pertama pada vinyl dari bait kedua yang sama sekali berbeda. Selama perjalanan Amerika Utara pada tahun 1989 dari tur Steel Wheels, seorang wanita raksasa yang terbuat dari karet ditiup untuk muncul tepat sebelum chorus pertama. Ada animasi live visual untuk lagu ini ketika konsernya diadakan sekitar tahun 2002 dan 2003. Ini menampilkan seorang wanita topless yang menunggangi lidah Rolling Stones yang terlihat di awal konser. 


Single ini dirilis di Inggris sehari setelah kematian dari anggota pendiri Brian Jones di mana lagu ini bertahan di tangga lagu selama tujuh belas minggu mencapai di nomor satu selama lima minggu. "You Can’t Always Get What You Want" adalah single dari sisi B. Lagu ini memuncaki US Billboard Hot 100 selama empat minggu dari 23 Agustus 1969. Lagu ini ini kemudian dirilis di album kompilasi Through the Past, Darkly (Big Hits Vol. 2) pada bulan September. Billboard memberi peringkat sebagai lagu No. 4 secara keseluruhan untuk 1969. 


Pada saat peluncurannya, majalah Rolling Stone memuji "Honky Tonk Women" sebagai "likely the strongest three minutes of rock and roll yet released in 1960". Lagu ini menduduki peringkat nomor 116 pada daftar 500 Greatest Songs of All Time milik Rolling Stones pada bulan April 2010. Lagu ini kemudian dimasukkan ke dalam daftar lagu untuk video game Band Hero. 


Personel


The Rolling Stones


• Mick Jagger – lead vocals

• Keith Richards – lead guitar, rhythm guitar, background vocals

• Mick Taylor – lead guitar

• Bill Wyman – bass

• Charlie Watts – drums


Additional personnel

• Reparata and the Delrons – background vocals

• Nanette Workman – background vocals (credited as "Nanette Newman")

• Doris Troy – background vocals

• Ian Stewart – piano

• Jimmy Miller – cowbell

• Steve Gregory and Bud Beadle – saxophones


"Country Honk" adalah versi country dari "Honky Tonk Women", dirilis lima bulan setelahnya di album Let It Bleed (1969). Seperti disebutkan di atas, aransemen country adalah konsep asli "Honky Tonk Women". 


Menurut beberapa sumber "Country Honk" direkam di studio rekaman Elektra di Los Angeles. Byron Berline memainkan biola di lagu ini, dan mengatakan bahwa Gram Parsons bertanggung jawab untuk dia yang dipilih untuk pekerjaan itu (Berline sebelumnya tercatat dengan band Parsons the Flying Burrito Brothers). Produser Glyn Johns menyarankan bahwa Berline harus merekam bagiannya di trotoar di luar studio untuk menambah suasana ke nomor tersebut. Sam Cutler, manajer tur Rolling Stones, membunyikan klakson mobil di awal lagu. Nanette Workman melakukan vokal latar pada versi ini (meskipun sampul album menulis aktris Nanette Newman). Sumber-sumber lain menyatakan bahwa "Country Honk" direkam di Olympic Studios tepat setelah "Honky Tonk Women", dengan hanya bagian biola Berline yang ditambahkan di Elektra; ini mungkin didukung oleh adanya rekaman bajakan yang tidak mengandung biola atau slide gitar Mick Taylor. Richards telah berulang kali menyatakan bahwa "Country Honk" adalah bagaimana "Honky Tonk Women" pada awalnya ditulis. 


Personel


The Rolling Stones


• Mick Jagger – vocals

• Keith Richards – acoustic guitar, backing vocals

• Mick Taylor – slide guitar

• Charlie Watts – drums


Additional personnel


• Byron Berline – fiddle

• Nanette Workman – backing vocals (credited as "Nanette Newman")

(AAGRS)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.