News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Solusi Penanganan Covid-19 di suatu negara dengan strategi komunikasi publik yang baik atau lockdown

Solusi Penanganan Covid-19 di suatu negara dengan strategi komunikasi publik yang baik atau lockdown





DARI sejumlah yang dapat menjadi solusi penanganan Covid-19 di suatu negara, bisa saja salah satu dari dua pilihan yaitu dengan strategi komunikasi publik yang baik sembari tetap menjaga kehidupan ekonomi atau keadaan memaksa harus lockdown menjadi pilihan. 

Jika penanganan Covid-19 di hulu melalui tindakan komunikasi publik untuk menumbuhkan kesadaran, membetuk sikap dan merubah perilaku masyarakat taat prokes belum dilakukan atau sudah dilakukan tetapi belum berhasil, maka ke depan bisa kemungkinan terjadi bahwa suatu negara tersebut sedang menuju jebakan pandemi, sehingga mau tak mau karena keadaan memaksa pilihan satu-satunya  dengan kebijakan melakukan *lockdown,* sekalipun boleh jadi menjelang (sudah) terlambat. 

Situasi seperti itu, saya sebut sebagai kebijakan lockdown menjelang terlambat dengan segala konsekuensinya. Tetapi kata orang bijak tetap lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Oleh karena itu pula logikanya, jauh lebih baik jika suatu kebijakan dieksekusi pada situasi dan timing yang tepat, tidak menjelang terlambat apalagi terlambat. 

Emrus Sihombing Komunikolog Indonesia

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.