Catatan Siti tentang Kappija-21 National Conference di Universitas Sriwijaya*



The Jambi Times, PALEMBANG | Sabtu, 14 September 2019 telah dilaksanakan National Conference on Global Education and Enviroment for Sustainable Development oleh Kappija-21 dan JICA di Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya, Palembang.

Saya Siti Rofiqotul Lutfiyah sebagai delegasi dari Ikatan Bujang Gadis Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya sangat antusias dengan kegiatan ini dan sangat bangga bisa mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan memperkenalkan kepada anak-anak muda Indonesia bahwa Indonesia memiliki hubungan persahabatan yang erat dengan Jepang. Kegiatan ini telah menghadirkan narasumber-narasumber yang hebat dan berhasil membuka pikiran kami untuk menjadi pemuda yang mandiri dan berpikir kreatif dan inovatif untuk Indonesia.

Dalam kegiatan ini, fokus utama yang dibahas adalah tentang bagaimana caranya membangun pendidikan di Indonesia menjadi pendidikan multikultural dan tentang pelestarian lingkungan yaitu bisa mencontoh perilaku kehidupan masyarakat Jepang salah satunya adalah membawa tempat sampah pribadi (kantong plastik) yang bisa dimasukkan di dalam tas.

Kegiatan ini berlangsung sangat menarik. Selain kami mendapat materi dan sharing dari narasumber, kami juga diberikan kesempatan untuk dapat memberikan aksi nyata melalui pemikiran kami. Para peserta yang terdiri dari seluruh fakultas di Universitas Sriwijaya dibagi menjadi 4 kelompok dengan tema berbeda yang kemudian akan mendiskusikan bersama kelompok dan hasilnya akan dipresentasikan.

Saya berasal dari kelompok satu dengan nama ICHI (Introduction Cultural for Human Innovation) yang mendapatkan tema "Bagaimana membangun sistem Pendidikan di Indonesia yang multikultural dan inovatif". Melalui diskusi ini, saya mendapatkan teman baru. Bukan hanya diskusi, kami diberi kesempatan untuk memikiki yel-yel kelompok. Hal tersebut membuat kami semakin akrab dengan teman-teman baru.

Terimakasih banyak kepada Kappija-21, JICA, Universitas Sriwijaya dan seluruh yang terlibat dengan terselenggaranya kegiatan ini karena telah memberikan saya ilmu, wawasan dan pengalaman yang sangat berharga.

Saya berharap kegiatan ini dapat terus terlaksana agar dapat memudahkan pemuda Indonesia dalam mengembangkan dirinya. Semoga persahabatan Indonesia dan Jepang terus harmonis dan semoga saya bisa menjadi bagian dari Kappija-21.
(Sumber: email Siti Rofiqotul Lutfiyah ke JICA Indonesia Office)