News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Antisipasi Kebakaran Lahan dan Hutan

Antisipasi Kebakaran Lahan dan Hutan



The Jambi Times - Muara Sabak - Sekretaris daerah (Sekda) Tanjabtim, Sudirman mengatakan, masalah kebakaran lahan dan hutan di Kabupaten Tanjabtim merupakan salah satu atensi yang akan ditangani bersama oleh Pemkab, TNI, Polri, Perusahaan dan pihak terkait lainnya.   
 
Karena itu beberapa hari lalu, Pemkab bersama pihak terkait melakukan Rapat koordinasi. Dari rapat tersebut disepakati tiga langkah untuk mengantisipasi kebakaran lahan dan hutan. 

Sudirman menjelaskan, langkah pertama adalah tindakan preventif yang meliputi sosialisasi ke masyarakat, perusahaan-perusahaan, kemudian BPBD bersama TNI, Polri dan pihak perusahaan akan melakukan patroli bersama dari darat maupun udara. “Tujuannya untuk memantau, agar bila sewaktu-waktu terjadi kebakaran langsung bisa dilakukan penanganan cepat,” ujarnya.

                Kemudian sebagai langkah antisipasi terjadinya kebakaran lahan, Pemkab, TNI,Polri juga akan meminta kepada seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Tanjabtim untuk memberlakukan sitem kanalisasi (membuat kanal) di lahan masing-masing, tujuannya agar bila terjadi kebakaran bisa diretas melalui kanal tersebut. 

Kemudian kanal itu juga berfungsi untuk tempat penyimpanan air agar bila terjadi kebakaran langsung bisa dipadamkan tanpa harus menunggu suplai air dari daerah lain. “Dan satu poin penting lagi, kita minta kepada seluruh perusahaan agar memiliki alat sedot air yang bisa digunakan saat terjadinya kebakaran lahan,” jelasnya.

                Menurut Sudirman, dari pemantauan yang dilakukan, saat ini baru PT. WKS yang telah melakukan sistim kanalisasi, sementara sejumlah perusahaan lainnya belum melakukan, dan kalaupun sudah memiliki kanal ternyata tidak memiliki simpanan air di dalam kanal tersebut. “Makanya kita minta perusahaan-perushaan untuk memiliki alat sedot air,” pungkasnya.(51N)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.