News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Interaksi Sosial

Interaksi Sosial


 Oleh: Dra. Sariningsih Hariastuti 

Sejak dilahirkan, manusia memiliki naluri untuk hidup bergaul dengan manusia lainnya, dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidup. Buktinya, saat bergaul dengan orang lain, manusia butuh interaksi sosial, kontak sosial dan berkomunikasi.Berikut paparan penulis lewat referensi Buku IPS Terpadu karya, B.V.Sundari,Leo Agung dan Budiyono, dalam kupasan mereka menyangkut interaksi sosial tersebut. Berikut penjelasannya. Interaksi Sosial. 

Manusia sebagai makhluk sosial sangat memerlukan orang lain untuk mengadakan hubungan sosial, sehingga terjadi proses-proses sosial. Proses sosial adalah,cara berhubungan yang dapat dilihat apabila orang perorangan dan kelompok-kelompok masyarakat atau individu saling bertemu dan menentukan sistem serta bentuk-bentuk hubungan tersebut.

Dalam mengadakan hubungan sosial, manusia melakukan interaksi sosial. Interaksi sosial yaitu, hubungan saling memengaruhi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok yang lain.Seperti meniru cara-cara orang lain berpakaian, berbicara,bertingkah laku, berjalan, beraksi dan sebagainya. 

Proses interaksi terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsung misalnya, melalui tatap muka, berjabat tangan. Secara tidak langsung, dapat melalui sarana-sarana komunikasi seperti radiogram, telpon,handphone, surat-surat, E-mail, dan lain-lain. Tujuan interaksi Sosial yaitu, untuk menjalin hubungan persahabatan,perdagangan,kerjasama yang saling menguntungkan,membicarakan dan merundingkan suatu masalah yang timbul, untuk menirukan kebudayaan orang lain yang lebih maju,dan lain-lain. Tindakan Interaksi Sosial. Tindakan interaksi sosial adalah, tindakan yang diambil oleh individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok lain yang saling memengaruhi. Dalam interaksi perlu adanya hubungan timbal balik.

Dalam kasus dua orang yang sedang berbincang, misalnya,ada yang bicara dan ada yang mendengarkan.Interaksi sering kali dinyatakan dalam bentuk simbol-simbol, seperti menganggukan kepala,lambaian tangan, acungan jempol,senyuman dan lain-lain. Interaksi sosial dapat terjadi di Pasar, di Ladang,dalam rapat,dan dimana saja. Interaksi sosial ini memiliki cirri-ciri.-Interaksi sosial dapat berlangsung apabila dilakukan dua orang/kelompokdan adanya reaksi dari pihak lain.-Adanya kontak sosial sebagai tahap pertamadan komunikasi sebagai pengantar interaksi.-Bersifat timbale balik, positif dan berkesinambungan.-Adanya penyesuaian norma dan bentuk-bentuk interaksi sosial.- Berdasarkan kebutuhann yang nyata, efektifitas,efisiensi,penyesuaian diri pada kebenaran,serta tidak memaksa mental dan fisik. Dalam interaksi sosial, terdapat dua hubungan yaitu, interaksi yang dangkal,apabila hubungan berlangsung hanya pada saat tertentu saja dan tidak berkesinambungan. 

 Dan interaksi yang dalam.Yang dimaksud dalam disini adalah apabila hubungan tersebut dilakukan secara terus menerus dalam waktu yang tidak terbatas,saling memengaruhi, serta memiliki tujuan tertentu. Contoh hubungan ini seperti, hubungan guru dengan muridnya,kakak dengan adiknya,orang tua dengan anaknya, dan sebagainya. Dasar Interaksi Sosial Suatu proses interaksi sosial dapat berlangsung berdasarkan berbagai factor, yaitu:-Imitasi. Imitasi adalah,tingkah laku yang merupkan tiruan tindakan orang lain.Imitasi terjadi apabila seseorang melakukan tindakan peniruan secara sadar atau tidak terhadap perilaku orang lain.- Sugesti.Sugesti merupakan,komunikasi atau penyampaian pikiran, perasaan, dan perbuatan yang tak langsung dari orang ke orang.

 Faktor ini berlangsung jika seseorang memberikan suatu pandangan yang berasal dari dirinya, yang kemudian diterima oleh pihak lain.Berlangsungnya sugesti, karena kemampuan berfikir seseorang terhambat, misalnya karena kelelahan berfikir.- Identifikasi.Identifikasi adalah,kecenderungan dalam diri seseorang untuk menjadi identik/menyamakan dirinya dengan pihak lain. 

 Proses Identifikasi dapat berlangsung dalam Imitasi dan Sugesti. Proses identifikasi dapat berlangsung dengan sendirinya atau dengan sengaja.Misalnya, seorang anak meniru perilaku ayahnya, seorang remaja yang meniru gaya seorang bintang film maupun penyanyi idolanya.Terakhir Simpati.Simpati adalah, suatu proses dimana seseorang merasa tertarik kepada pihak lain.Proses simpati dapat berkembang jika terdapat rasa saling pengertian pada kedua belah pihak. Kontak Sosial Kontak sosial adalah, tahap permulaan dari terjadinya interaksi sosial. Kontak sosial tersebut dapat berlangsung dalam tiga bentuk, yaitu:- Orang Per Orang, misalnya seorang anak kecil mempelajari kebiasaan-kebiasaan dalam keluarga.-Orang per orang dengan kelompok manusia atau sebaliknya.

Misalnya, antara Organisasi sosial dengan anggotanya-Dan Kelompok Manusia dengan kelompok manusia lainnya.Misalnya,kerjasama antara dua kontraktor dalam memborong suatu proyek pembangunan. Kontak sosial dapat juga bersifat primer dan sekunder.Kontak primer terjadi jika yang mengadakan hubungan langsung berhadapan dan bertemu muka dengan berjabat tangan, saling tersenyum, dan lain-lain.Sementara kontak sekunder terjadi bila disertai perantara, seperti bicara lewat telpon, surat elektronik (e-mail), lewat SMS dan lain sebagainya. Komunikasi. 

Komunikasi terjadi jika seseorang memberi arti pada perlakuan orang lain dengan menyampaikan suatu perasaan. Orang yang bersangkutan lalu menerima dan memberi reaksi terhadap perasaan yang ingin disampaikan oleh orang tersebut. 

Adanya kehidupan terasing tanpa komunikasi terjadi apabila ditandai dengan ketidak mampuan untuk mengadakan interaksi sosial dengan pihak-pihak lain.Terasingnya seseorang juga dapat disebabkan oleh hal- hal sebagai berikut:-Pengaruh perbedaan Ras atau Suku.-Adanya Perbedaan Tingkat Kebudayaan.-Daerahnya sangat terpencil, jauh dari kehidupan masyarakat lain.-Adanya cacat indra, saraf, atau lumpuh, sehingga terpaksa mengurung diri dirumah atau pengasingan. Demikian Literasi Interaksi Sosial ini disaji, selain untuk menambah wawasan peserta didik, juga diharapkan mampu memberi side efeck khususnya bagi khalayak ramai dalam berinteraksi dimasyarkat. Salam.

Penulis:Guru IPS SMPN20 Kota Jambi

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.