News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Pemeritah RI Hibahkan 100 Unit Traktor Tangan ke Petani Fiji

Pemeritah RI Hibahkan 100 Unit Traktor Tangan ke Petani Fiji

The Jambi Times,  FIJI | Pemerintah Republik Indonesia memberikan hibah 100 unit traktor tangan kepada petani Republik Fiji. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Dubes RI di Suva, RM Benyamin Scott Carnadi kepada Menteri Pertanian Fiji, Dr Mahendra Reddy, Senin Siang (24/2/2020) waktu setempat. 

Diungkapkan Dubes Carnadi, hibah tersebut merupakan bagian dari Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani pada bulan November 2018 antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Fiji untuk pengadaan hibah (grant) 100 unit traktor tangan bagi petani Fiji senilai sekitar 800 ribu Dollar Fiji (FJD).  

“Hibah ini dilakukan melalui lelang terbuka (open bidding), karena hibah dari pemerintah RI dalam bentuk bantuan senilai FJD 800 ribu untuk pengadaan 100 unit traktor tangan, “ jelasnya. 

“Ini merupakan prosedur yang harus dijalani untuk bantuan yang diterima pemerintah Fiji dari hibah luar negeri. Hal ini bertujuan  untuk mendapatkan supplier dalam negeri yang nantinya akan berhubungan dengan PT Quick Tractors Indonesia, pembuat traktor di Indonesia, “ imbuhnya. 
Lebih lanjut dikatakan, hibah tersebut merupakan salah satu wujud hubungan bilateral RI-Fiji sejak hubungan diplomatik kedua negara dimulai tahun 1974. Penyerahan hibah traktor secara simbolis ini dilakukan di salah satu pusat penelitian pertanian Pemerintah Fiji, Koronivia Research Station. 


“Selain saling mendukung di berbagai forum internasional, Indonesia dan Fiji aktif mengadakan kerja sama dalam pembangunan nasional Fiji. Kehadiran fisik KBRI Suva pada tahun 2002 membuat kerja sama pembangunan tersebut lebih intensif antar kementerian kedua pemerintah, “ tutur Carnadi dalam sambutannya. 


Pada kesempatan yang sama, Menteri Pertanian Fiji, Dr Mahendra Reddy mengucapkan terima kasih atas bantuan Pemerintah Indonesia dan berharap agar bantuan pembangunan seperti ini dapat terus dilanjutkan. 

“Prosedur lelang dilakukan untuk menjaga kelangsungan perawatan barang-barang hibah oleh supplier setempat dan memudahkan untuk mendapatkan jaminan suku cadang serta perbaikan, “ ungkap Mahendra Reddy. 

Pada acara penyerahan hibah traktor secara simbolis ini, dihadiri para pejabat dan staf KBRI Suva serta pejabat Kementerian Pertanian Fiji.(Dubes Fiji)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.