News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

PMD:BUMdes Dongkrak Ekonomi Desa

PMD:BUMdes Dongkrak Ekonomi Desa

THE JAMBI TIMES  - BATANG HARI - Kepala Dinas PMD Batanghari, M Fadil Arief mengatakan, setiap desa dalam Kabupaten Batanghari harus memanfaatkan serta mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar bisa mendongkrak ekonomi masyarakat setempat sesuai dengan potensi disetiap masing-masing desa.

Setiap desa juga harus lebih berupaya untuk bersama sama mengembangkan perekonomian masyarakat di segala bidang,demi tercapai nya masyarakat kabupaten batang hari yang mandiri dan perekonomian nya semakin maju.Dalam hal ini peran seorang kepala desa sebagai pimpinan tertinggi di pemerintahan desa juga harus ikut mencanangkan kepada seluruh masyarakat di desa tersebut agar masyarakat mengetahui penting nya suatu upaya perekonomian masyarakat dan bekerja sama sebaik mungkin demi terciptanya masyarakat yang cerdas,makmur,dan mandiri di segala bidang dan menjadi masyarakat yang sumber daya manusia nya jauh lebih baik lagi"ungkap M.Fadhil Arief.Se.selaku kepala dinas PMD Kabupaten batang hari.

“Usaha yang dikembangkan adalah usaha yang berpotensi di desa setempat, karena sebagian besar desa di Kabupaten Batanghari potensinya bergerak di bidang pertanian dan perkebunan. Jadi sebagian besar usaha milik desa banyak yang bergerak di bidang tersebut” kata M Fadil Arif.

Selain itu, setiap desa juga dituntut menghasilkan produk-produk unggulan pada usaha milik desa yang akan di bentuk. Sehingga setiap desa nantinya memiliki produk unggulan masing-masing yang dapat dibanggakan dan mampu bersaing dengan produk unggulan di daerah lain.

Saat ini sudah ada beberapa desa yang memiliki produk unggulan, seperti di Desa Olak Rambahan dengan produk penyewaan peralatan pesta.

“Bila produk unggulan dari desa yang telah dibentuk secara matang belum ada, namun beberapa desa telah memperlihatkan produk unggulan mereka baik di bidang industri, perkebunan dan wisata.” Ucapnya.

Saat ini, dari 110 desa di Kabupaten Batanghari, baru 40 desa yang telah membentuk badan usaha milik desa, dan sebagian besar desa-desa tersebut mengembangkan usaha di bidang pertanian dan perkebunan. Seperti di Desa Sungai Buluh Kecamatan Muara Bulian yang mengembangkan usaha perkebunan buah naga dan produksi batu bata.

Terkait masih banyaknya desa yang belum mebentuk bada usaha milik desa, dijelaskan Fadil bahwa saat ini desa-desa tersebut tengah melakukan pembentukan BUMDes dan menentukan usaha yang berpotensi dan mampu bersaing dengan usaha-usaha yang telah berkembang.

Dia juga menyebutkan, untuk saat ini masih banyak desa yang masih dalam proses penjaringan anggota untuk membentuk BUMDes, dan menentukan produk unggulan apa yang akan di tonjolkan. ” Kita terus melakukan proses dalam pembentukan BUMDes. Dan semua desa sudah terbentuk, kita terus dorong agar BUMDes di Batanghari,” katanya lagi.( iip )

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.