News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

TNI Peduli Bocah Wiradadi Idap Tumor Ganas di Mata

TNI Peduli Bocah Wiradadi Idap Tumor Ganas di Mata

PURWOKERTO | Bocah berusia dua tahun "Panca" putra Bpk. Narko asal Desa Wiradadi Grumbul Rawasalak Rt.3 Rw.4 Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas, terserang tumor ganas di matanya. Yang menyedihkan, pengobatan bocah yang matanya terdapat benjolan ini belum terdata di BPJS.

Narko bapak dari Panca penderita tumor ganas ini mengatakan, sakit yang diderita anaknya sudah lama. Awal mula gejalanya seperti katarak, terakhir dua bulan ini anak saya panas sekali. Saya langsung membawa ke Rumah Sakit Jatiwinangun dan disana oleh dokter divonis tumor ganas.

Kondisi Panca terlihat sayu dalam gendongan sang ibu. Dia yang seharusnya menikmati masa kecilnya dengan bahagia dan bermain bersama anak-anak sebayanya justru lebih banyak di gendongan sang ibu. Terkait kapan benjolan di mata kiri sang anak sebesar bola tenis muncul, Narko menuturkan terjadi dalam satu malam. “Dalam satu malam langsung besar dan seperti sekarang ini,” paparnya.

Sayangnya, pengobatan bocah tersebut belum bisa menggunakan BPJS. Narsim perangkat Desa Wiradadi sekaligus tetangga dekat Narko menjelaskan untuk pengobatan sang anak sempat terkendala administrasi.

“Narko tadinya asli Banyumas, namun merantau di Sumatera dan sudah ber E-KTP Sumatera. Sehingga NIK tidak tercatat di Dindukcapil sini. Sedangkan dia kembali kesini tidak mengurus surat pindah terlebih dahulu,” kata Narsim.

Penderitaan Panca yang dialaminya mendapat perhatian dan empati dari masyarakat, tidak hanya masyarakat sekitar namun banyak dari elemen masyarakat lainnya termasuk Koramil-04/Sokaraja memberikan empati terhadap kesulitan yang dialami Panca dan keluarganya. 

Koramil-04/Sokaraja Kodim 0701/Bms yang wilayahnya membawahi beberapa Desa di Kecamatan Sokaraja termasuk salah satunya Desa Wiradadi ini, tanpa basa basi dan sigap langsung turun ke lapangan mengecek kondisi Panca penderita tumor ganas dimata ini. 

Beserta unsur yang lain, Koramil-04/Sokaraja bersinergi untuk dapatnya memberikan yang terbaik bagi Panca, agar si penderita tumor ganas ini dapat diperiksakan dan dicek ke Rumah Sakit.

Danramil-04/Sokaraja Kodim 0701/Bms Kapten Inf Untung, N.A., menjelaskan, saat ini Panca sudah masuk Rumah Sakit Margono Soekarjo Purwokerto, untuk dirawat dan diperiksa, untuk sementara ia dirawat inap di bangsal Seruni kamar 4 untuk persiapan dilakukan operasi dan direncanakan pada Senin 17 September 2018 di RS Margono.

Mengenai besaran biaya yang dibebankan selama proses pengobatan, dikatakan Danramil, gratis menggunakan Jamkesda. “Tadi periksa pakai umum, untuk jamkesda hanya untuk rawat inap, ” katanya.

Danramil-04/Sokaraja Kodim 0701/Bms Kapten Inf Untung. NA mengatakan, pihaknya bersama segenap komponen masyarakat lain telah berupaya dan membantu semampunya agar Panca anak penderita tumor mata ini bisa mendapat pemeriksaan kesehatannya khususnya dokter spesialis yang ada di Banyumas. "Kami bersama komponen lain bersinergi membantu Panca dan keluarganya, agar Panca dapat diperiksakan di rumah sakit", ungkapnya. 

"Ini bentuk kepedulian TNI membantu mengatasi kesulitan yang dialami masyarakat. Kita berharap, semoga Panca hidup normal kembali seperti anak-anak seusianya yang lain", harapnya.(**)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.