News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Soal Sport Center,Gubernur Temui Menpora

Soal Sport Center,Gubernur Temui Menpora

 
THE JAMBI TIMES - JAKARTA -  Kamis (27/4) siang, Gubernur Jambi, H.Zumi Zola,S.TP,MA menemui Menteri Kepemudaan dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Imam Nahrawi di Kantor Kementerian Kepemudaan dan Olahraga, Senayan, Jakarta.
 
Inti dari pertemuan tersebut adalah, Zola mengharapkan dukungan dari Menpora untuk pembangunan Sport Center (pusat olahraga) Provinsi Jambi, yang berlokasi di Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi. Selain itu, Zola juga berharap dukungan Menpora dalam pembangunan GOR mini di kabupaten/kota, dan gedung kepemudaan.

Zola menyatakan, dia ingin meningkatkan prestasi olahraga di Jambi, dan untuk itu dibutuhkan sarana prasarana yang memadai, sedangkan fasilitas olahraga di Jambi, termasuk stadion KONI tidak memadai dan anggaran (APBD) Provinsi Jambi sangat terbatas.

Menteri Kepemudaan dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Imam Nahrawi mengapresiasi kunjungan Gubernur Jambi, dan akan berusaha mendukung pembangunan olahraga dan kepemudaan di Provinsi Jambi.

Usai pertemuan, Zola menyatakan bahwa sambutan Menpora sangat baik, namun memang usulan pembangunan yang disampaikan Jambi harus disesuaikan dengan kemampuan anggaran.

“Alhamdulillah, tadi sudah diterima oleh Pak Menteri, dan saya sudah sampaikan apa yang menjadi harapan dari masyarakat Jambi di bidang olahraga dan kepemudaan. Kita menginginkan Jambi butuh pembangunan sport center, lahan sudah tidak masalah, 100 Ha sampai 500 Ha pun kita siap.
Kemudian, di kabupaten/kota belum semua punya GOR mini untuk menunjang kegiatan olahraga dan kegiatan pemuda di setiap kabupaten/kota,” ujar Zola.

“Tadi Pak Menteri juga sudah memberikan arahan. Memang karena keterbatasan dana juga, seperti yang sudah disampaikan oleh Pak Jokowi dalam Musrenbangnas kemarin, maka kita mesti cari jalan keluar, misalnya dalam pembangunan sport center, kita diarahkan oleh Menpora untuk menghubungi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), untuk meminta perusahaan-perusahaan besar dapat ikut membantu membiayai pembangunannya,” lanjut Zola.

“Kalau untuk GOR mini, insyaallah akan dipertimbangkan oleh Pak Menteri, dengan anggaran tahun 2018. Saya juga tadi menyampaikan, mungkin ada even olahraga yang bisa menjadi even tingkat nasional di Jambi. Saya bicarakan tadi, misalkan Pak Menteri ada program Gowes Desa (oalahraga naik sepeda), saya sampaikan, dari kota sampai ke Candi Muaro Jambi, atau nanti kalau tahapan awal ini sukses, kita bisa punya tour sendiri, misalnya dari Kota Jambi sampai ke Kerinci, dngan berapa kali pemberhentian di lokasi-lokasi wisata. Juga ada potensi lainnya, misalnya Lomba Perahu Naga, karena di PON kemarin, kita pertama kali dapat medali dari dayung. Selain itu, sesuai dengan potensi yang kita miliki, kita akan mengajukan Kompetisi Arung Jeram Tingkat Nasional. Nanti tindak lanjutanya, Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Jambi kooordinasi dengan cabang olahraga dulu di Jambi, selanjutnya hubungi Pusat, itu konsep kita, mudah-mudahan bisa terwujud,” jelas Zola.

Zola mengatakan, dia mencoba untuk meningkatkan kualitas dan prestasi olahraga di Provinsi Jambi, bukan hanya fasilitas saja, tetapi dia juga minta ada coaching clinic (pelatihan untuk pelatih) di Jambi, untuk pelatih dan wasit supaya pelatih bisa lebih bagus lagi melatih atlet. “Saya pikir, saat ini banyak pelatih kita yang potensial, yang bagus, tinggal kalau ada nanti kita sosialisasikan kepada pelatih dan kepada masyarakat supaya mereka ikut. Wasit basket di Jambi sudah ada yang punya lisensi, itu bagus, tinggal nanti dikembangkan lagi,” tambah Zola.

“Gowes Desa insyaallah akan diselenggarakan tanggal 15 Juli 2017, tadi sudah saya sampaikan langsung, mohon Pak Menteri bisa datang, itu ada di Kota Jambi, di Batanghari, dan juga di Bungo. Insyaallah kalau Pak menteri datang, akan memberikan semangat juga kepada masyarakat. Tadi beliau mengatakan siap, tentu disesuaikan dengan jadwal beliau sebagai menteri juga.
Terkait Gala Desa, rangkaian dari Gowes Desa, yang merupakan program Menpora, Zola menyatakan akan mendukung program menteri. “Ini bagus untuk masyarakat. Tadi kami bicara juga tentang gedung pemuda, sebagai wadah bagi para pemuda berkreasi, kita belum punya itu, saya sudah sampaikan. Insyaallah itu bisa direspon positif,” jelas Zola.(ADV)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.