News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Tiga Susu Nabati Pengganti Susu Sapi

Tiga Susu Nabati Pengganti Susu Sapi



BANYAK orang menganggap susu sapi merupakan asupan minuman yang banya mengandung nutrisi. Namun sebagian orang justru tak bisa menikmati lezatnya susu sapi karena alasan tertentu, misanya alergi.

Jika demikian maka tak perlu khawatir karena banyak jenis susu nabati yang bisa dijadikan alternatif pengganti susu sapi yang tak kalah lezatnya. Dikutip dari Samishare, Minggu (27/9/2015) berikut tiga jenis susu nabati yang bisa menggantikan susu sapi.

Susu kedelai

Sesuai dengan namanya, susu kedelai adalah hasil sari dari biji kacang kedelai. Teksturnya lebih kental daripada susu sapi namun memiliki warna putih bersih dengan sedikit kuning. Susu kedelai sering dijadikan alternative pengganti susu sapi bagi mereka yang lergi susu sapi atau dalam program diet. Kandungan gizi dari susu kedelai tak kalah tinggi dengan susu sapi. Karea terbuat dari sumber nabati, susu kedelai tak memiliki rasa serta aroma yang amis sehingga meminimalisir timbulnya rasa eneg bagi si pengonsumsi. Kini susu kedelai banyak tersedia di pasaran dengan berbagai pilihan rasa yang menarik, antara ain cokelat, stroberi, moka dan lain sebagainya.



Susu beras
Susu beras mungkin masih asing terdengar di masyarakat modern, tapi sebenarnya susu ini sudah dikenal lama khususnya di Indonesia. Banyak orang menyebut susu beras dengan sebutan tajin. Susu ini berasal dari hasil rebusan beras yang akan diolah menjadi nasi. Untuk memperoleh susu beras ini, Anda harus merebus beras hingga airnya meletup-letup. Ketika air yang menggenang sudah menjadi lebih kental maka saat itulah susu beras bisa diambil. Kandungan karbohidrat dan kalsium pada susu beras cukup tinggi sehingga susu ini bisa dijadikan alternatif minuman sehat pengganti susu sapi.



Susu almond

Susu almond juga bisa menjadi alternative pilihan susu nabati sebagai pengganti susu sapi. Terbuat dari biji almond yang diambil sarinya, susu ini memiliki kandungan lemak tak jenuh yang sangat rendah serta tidak mengandung laktosa atau gula susu. Kandungan nutrisi yang baik dalam susu almond menjadikan susu ini sangat dianjurkan bagi penderita penyakit jantung dan kolesterol. Susu almond bisa dikonsumsi langsung ataupun dibuat olahan seperti panacotta atau pudding. Ketersediaan susu almond memang masih terbatas, harganyapun bisa dikatakan cukup tinggi.


Seperti kepada okezone (yac)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.