News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Kejanggalan Sejumlah Persoalan Siap Dilaporkan Ke Kejaksaan Tinggi Jambi

Kejanggalan Sejumlah Persoalan Siap Dilaporkan Ke Kejaksaan Tinggi Jambi



The Jambi Times, JAMBI |Sejumlah kejanggalan terkait produk pemerintah yang tersebar di beberapa kabupaten di Provinsi Jambi, Akan dilaporkan kepada Kejaksaan Tinggi Jambi Senin (22/4), Hal ini disampaikan Willy Marlupi, Seorang Warga Jambi, Kepada media ini (18/4/24). 

Pada laporan ini, Menurut Willy, Pihaknya telah mengelompokkan kejanggalan permasalahan menjadi dua kelompok. Kelompok pertama yaitu persoalan yang terkait dengan kawasan hutan, dan kelompok kedua persoalan yang terkait pada bukan kawasan hutan.

Pada kawasan hutan pihaknya menemukan produk pejabat berwenang yang terindikasi bertentangan dengan undang-undang. Sehingga perlu atensi hukum atau proses hukum demi adanya kepastian hukum.

Begitu juga dengan persoalan yang berada pada bukan kawasan hutan. Pihaknya menemukan produk pejabat berwenang yang terindikasi ambivalensi terhadap aturan yang berlaku. Sehingga diperlukan juga atensi hukum demi kepastian hukum.

Sebagai informasi, Mengacu UU No.11 Tahun 2021 perubahan atas UU No.16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia, Kejaksaan sebagai salah satu lembaga penegak hukum dituntut untuk lebih berperan dalam menegakkan supremasi hukum, perlindungan kepentingan umum, penegakan HAM, serta pemberantasan KKN. 

Didalam UU Kejaksaan yang baru tersebut diterangkan Kejaksaan sebagai lembaga pemerintahan yang fungsinya berkaitan dengan kekuasaan kehakiman yang melaksanakan kekuasaan negara dibidang penuntutan serta kewenangan lain berdasarkan UU secara merdeka, terlepas dari pengaruh kekuasaan pemerintah dan pengaruh kekuasaan lainnya.

“Kami sudah membaca website resmi Kejaksaan Tinggi Jambi maka itu kami melaporkan indikasi kejanggalan kepada Kejati sebagai atensi dari masyarakat. Insya Allah, Senin Kami serahkan laporannya, dan sebagai bentuk perhormatan terhadap proses kami mohon maaf untuk saat ini belum bisa menyampaikan info secara rinci” Tutup Willy (WM/14/8/24)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.