News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Kabareskrim: Satu Capim KPK Berstatus Tersangka

Kabareskrim: Satu Capim KPK Berstatus Tersangka


(Foto:Ilustrasi)
JAKARTA - Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol Budi Waseso mengatakan salah seorang Calon Pimpinan (Capim) KPK memiliki catatan merah karena tersadung kasus pidana dan telah menjadi tersangka.

Bahkan catatan merah dari Polri ini sudah disampaikan oleh pria yang akrab disapa Buwas ini kepada panitia seleksi (Pansel) Capim KPK. Hal ini diungkapkan Budi kepada wartawan, Jumat (28/8/2015) di Mabes Polri Jakarta Selatan.

Rekomendasi Bareskrim untuk 48 perserta capim KPK itu pada awalnya hanya dua, yakni clear and clean dan clean. Clear and clean yakni mereka yang memiliki catatan kejahatan di masa lalu, tapi sudah selesai (clear). Clean berarti tidak pernah punya masalah.

Namun pada perkembangannya setelah peserta dikerucutkan menjadi 19 orang, Polri memberikan catatan khusus terkait dengan permasalahan yang sedang berjalan.

Saat ini dari hasil seleksi KPK, hanya tinggal 19 orang. Namun, Budi belum menjawab apakah ada satu orang yang tersangkut pidana tersebut ada di 19 orang tersebut. Ia hanya menegaskan dari 48 orang peserta ada yang bermasalah.

Budi menegaskan untuk rekomendasi dari Bareskim yang telah disampakan ke pansel KPK ini berdasarkan kriteria catatan khusus terhadap beberapa capim KPK, yakni terlibat masalah pidana. 

Dalam proses berjalan, salah satunya sudah meningkat menjadi tersangka dari jumlah 48 perserta tersebut.

"Saya tidak tahu dengan yang 19, yang jelas sudah saya berikan kepada pansel, pansel yang menentukan itu. Jika catatan itu meragukan bisa diklarifikasi kepada saya," tegasnya.

Dari 48 orang tersebut satu orang sudah menjadi tersangka kasus pidana. Namun, ketika ditanyakan kasus pidana tersebut apakah kasus pidana umum, khusus maupun korupsi Budi belum menjawab.

"Ya kasus pidanalah. Sudah dalam proses berjalan dan itu kewenangan Polri. Kita sudah berikan ke pansel. Saya sudah terbukalah, namun dengan kerahasiaan. Saya tidak bisa sampaikan itu," terangnya.

Apakah calon tersebut berasal dari daerah atau Jakarta. Budi masih bungkam. Ia hanya menegaskan bahwa sudah ada satu orang capim KPK yang meningkat statusnya menjadi tersangka. "Sudahlah yang penting sudah adalah satu," pungkasnya.Seperti kepada okezone(fid)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.