News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Gubernur Dukung Peningkatan Status Akper Telanai Bhakti Jambi

Gubernur Dukung Peningkatan Status Akper Telanai Bhakti Jambi


The Jambi Times - Jambi -  Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus  mengemukakan bahwa dirinya mendukung peningkatan status Akademi Keperawatan (Akper) Telanai Bhakti Jambi menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes), yakni dari Diploma Tiga (D3) menjadi Strata 1 (S1). Hal tersebut dinyatakan oleh gubernur dalam Sidang Terbuka Senat Dalam Rangka Wisuda Angkatan X Akademi Keperawanan Jambi Yayasan Telanai Bhakti Tahun Akademik 2013/2014, bertempat di Abadi Convention Center (ACC) Kota Jambi, Selasa (21/10) siang.

Namun demikian, gubernurnur menekankan, bukan hanya peningkatan status yang perlu di lakukan, yang lebih penting adalah peningkatan kualitas pendidikan Akper Telanai Bhakti Jambi.

Gubernur mengemukakan, Akper harus memberikan kontribusi dalam pendidikan dan menghasilkan perawat yang berkualitas.

Gubernur mengungkapkan empat fenomena yang harus menjadi perhatian dunia kesehatan, yaitu: 1.Perubahan demografi, terutama yang peningkatan jumlah penduduk, 2.Perubahan lingkungan, 3.Ketersediaan Sumber Daya Manusia kesehatan, dan 4.Desentralisasi kesehatan.

Pada kesempatan tersebut, gubernur diberikan kehormatan untuk memberikan penghargaan kepada lulusan berprestasi, didampingi oleh Direktur Akper Telanai Bhakti Jambi.

Kepada para wartawan yang mewawancarainya, gubernur mengharapkan supaya kedepan Akper jangan hanya berpikir untuk kebutuhan lokal dan nasional, tetapi juga berpikir untuk kebutuhan internasional. "Kedepan ada Pasar ASEAN, tidak menutup kemungkinan anak-anak kita bekerja di Filipina, di Singapura dan sebagainya. Artinya, pimpinan sekarang sudah berpikir kearah sana," ungkap gubernur.

Gubernur kembali mengemukakan bahwa dirinya mendorong Yayasan Telanai Bhakti untuk meningkatkan status dari Akper menjadi Stikes. "Saya mendorong dan mendukung kalau memang dibutuhkan rekomendasi gubernur. Kita juga sudah bicarakan dengan Kopertis," tutur gubernur.

Selain itu, gubernur juga menyoroti pentingnya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dosen-dosen Akper Telanai Bhakti Jambi. "Andaikata dibutuhkan nanti bantuan untuk mengambil S2 dan S3, kita bisa jatah untuk Yayasan Telanai Bhakti ini," ujar gubernur.

Koordinator Kopertis Wilayah X, Dasra, dalam sambutannya menyatakan, dari berbagai kriteria pendidikan tinggi, Yayasan Telanai Bhakti Jambi sudah memiliki izin, patuh, taat azas, dan terakreditasi.

Dasra berharap peningkatan status pendidikan Telanai Bhakti Jambi dari Akper menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes), jenjang Strata 1.

Kemudian, Dasra mengapresiasi upaya yang dilakukan gubernur untuk memajukan pendidikan di Provinsi Jambi, termasuk pendidikan tinggi.

Ketua Yayasan Telanai Bhakti Jambi, Abdul Muthalib, dalam sambutannya pada intinya mengharapkan agar Akademi Keperawatan Jambi terus berkembang menjadi instansi pendidikan yang kompetitif.

Direktur Akademi Keperawatan Jambi, Amir Farouk dalam laporannya menyampaikan, jamlah wisudawan wisudawati sebanyak 114 orang, terdiri dari angkatan 8, 9, dan 10.

Amir Farouk menyatakan, 12% dari angkatan 10 belum menyelesaikan studi karena belum mencapai kompetensi, tetapi diberikan kesempatan untuk menyelesaikan studi dalam tahun akademik 2014/2015.

Dikatakan oleh Amir Farouk, dari 823 angkatan 1 sampai angkatan 10, 91% mampu menyelesaikan studi tepat waktu.

"Dari 144 orang wisudawan wisudawati angkatan 8, 9, dan 10 yang diwisuda ini, IPK tertinggi 3,84 (diraih oleh Ratu Putri) dan terendah 2,58," ujar Amir Farouk. (Tim-JT).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.