News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Wujudkan Karakter Peserta Didik, UPTD SDN 4 Metro Timur Gelar Karya Profil Pelajar Pancasila

Wujudkan Karakter Peserta Didik, UPTD SDN 4 Metro Timur Gelar Karya Profil Pelajar Pancasila



The Jambi Times, LAMPUNG |Gelar Karya Profil Pelajar Pancasila adalah salah satu pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. 

Selain itu,kegiatan ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk belajar dalam situasi tidak normal, struktur belajar yang fleksibel terlibat langsung dengan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi profil pelajar pancasila.

Hal itu yang diselenggarakan oleh UPTD SDN 4 Metro Timur Kota Metro, yang bertajuk " Melalui Gelar Karya Profil Pelajar kita Wujudkan Karakter Peserta Didik Beriman, Bertaqwa Kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia ".

Kepala UPTD SDN 4 Metro Timur, Yasirrudin, S.Pd.I mengatakan bahwa ada berbagai kegiatan dalam pentas yang dilaksanakan guna pengembangan karakter peserta didik. Hingga kegiatan terlaksana dan mendapatkan dukungan penuh oleh wali murid.

" Sesuai dengan Tema yang bertajuk melalui gelar karya profil pelajar Pancasila kita wujudkan karakter peserta didik beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia. Artinya, melalui gelaran tampilan karya dan hasil karya ini anak - anak dapat mengembangkan apa yang menjadi minat dan bakat mereka masing - masing. Bahkan, orang tua diberikan kesempatan memberikan aspirasi hasil karya anak-anak mereka dengan memasukkan ke dalam kotak aspirasi yg telah disediakan di stand masing-masing kelas ," kata Yasirrudin kepada Mitrapol.com, Selasa ( 13/12/2022).

Kegiatan ini, sambung Yasir merupakan acara yang disusun secara bertahap. Tahap awal, menyusun modul projek, di sini ditentukan elemen-elemen yang akan dicapai seperti gotong royong, bernalar kritis, bertaqwa, berkebinekaaan global. Kemudian dilanjutkan tahapan berikutnya hingga tahap terakhir yakni perayaan gelar karya.

Yasirrudin menambahkan, tujuan gelar karya tersebut tidak terlepas dari tujuan Kurikulum Merdeka, yakni membentuk generasi yang berprofil pelajar Pancasila. Melibatkan seluruh stakeholder, berkolaborasi wali siswa dan komite. 

“Tujuan acara ini tidak terlepas dari Profil Pelajar Pancasila dengan enam elemennya yaitu beriman bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif,” untuk gelaran karya kali ini ini khusus pada profil Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME dan Berakhlak mulia jelas dia.

Menurut Yasir, antusias anak - anak peserta luar biasa. Bahkan, setelah adanya surat edaran dari pemerintah terkait pembelajaran pasca pandemi Covid-19, anak-anak sangat nyaman belajar di sekolah.

“Sesuai visi sekolah guna mewujudkan peserta didik lebih berkarakter, cerdas dan kreatif,” tutupnya.

Acara di hadiri oleh Pengawas mewakili Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro, Sekcam Metro Timur, Seklur Yosodadi dan seluruh kepada UPTD SD se- Kota Metro beserta jajaran Komite Sekolah.

Pewarta : MM

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.