News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Wakil ketua MG: "Dewan Juri Tetap Obyektif Soal Lomba Menulis Feature"

Wakil ketua MG: "Dewan Juri Tetap Obyektif Soal Lomba Menulis Feature"

(keterangan foto: Wakil ketua MG menerima baju seragam dari Dinas Kominfo 
Provinsi Jambi)

The Jambi Times, JAMBI | Media Gathering disingkat MG yang dilaksanakan oleh Dinas Kominfo Provinsi Jambi  bidang kemitraan dan komunikasi publik ,Senin 5  Desember 2022 bertempat di Hotel Golden Harvest dimulai pukul 8:30 WIB.

MG menuju Candi Muarojambi direncanakan akan di lepas oleh Gubernur, Wakil Gubernur dan Kepada dinas Kominfo Provinsi Jambi.

Yang menarik dalam acara MG  ini salahsatunya adalah lomba menulis feature.

Lomba karya jurnalistik ini mengambil tema: Pembangunan Destinasi Wisata Sebagai Langkah Pemulihan Sektor Ekonomi Kreatif Menuju 'Jambi Mantap' , yang mana dewan juri berasal dari pelbagai organisasi pers  perwakilan  di Jambi.

Ada tiga  orang dewan juri yang masing masing dari  organisasi PWI, AJI dan IJTI.

Salah satu dewan juri dari Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Jumadi Sabar yang akrab disapa Dedi ini cukup berpengalaman dibidang jurnalistik yang kini bekerja sebagai reporter Kompas TV.

Zainul Abidin yang  dipercaya ditunjuk sebagai Wakil ketua MG ini telah memberikan  masukan kepada Diskominfo selaku pihak penyelenggara bahwa lomba ini non kategori atau umum, untuk khusus koran harian mingguan, Radio dan TV materi liputan dikirim pra tayang mengingat event ini dilaksanakan hanya 2 hari terhitung  Senin dan Selasa (5-6 Desember 2022) maka pengumumanya  pemenang dan pemberian hadiah diakhir penutupan MG.

Zainul juga mengusulkan tim juri bukan saja dari tiga organisasi pers besar melainkan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi  dari akademisi jurusan Bahasa Indonesia .

Selanjutnya untuk media online  yang On Air dalam hitungan menit dan tidak memakan waktu cukup lama bukan seperti media koran, radio dan TV yang membutuhkan waktu tidak sedikit.

Event tahunan  ini  mengingat kegiatan mengunakan APBD juga batas waktu laporan keuangan akhir tahun tinggal beberapa hari lagi dan laporan pertanggungjawaban di bulan Desember ini sehingga waktu yang diberikan sangat terbatas, untuk itu pengumuman.pemenang lomba menulis dipercepat.

Nining yang penjabat sebagai bendahara kegiatan MG ini pada saat pasca pemilihan beberapa waktu lalu mengatakan," khusus pengurus dari ketua, wakil ketua sekretaris dan bendahara tidak boleh ikut lomba untuk menghindari hal-hal yang tidak dinginkan".

Ketua Hery  di WAG MG memberikan semangat kepada 60 jurnalis yang ikut lomba untuk tetap semangat, menurutnya,' tema tentang Candi Muarojambi adalah icon Provinsi Jambi yang terus kita jaga dan kita lestarikan berrsama-sama".

Ada peserta di WAG MG yang mengritisi pihak penyelenggara seharusnya dewan juri bukan saja dari jurnalis aktif saja melainkan dari pihak lain seperti dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata juga dari unsur lain dilibatkan dalam tim juri.

Ditambah lagi, Wakil ketua Zainul berharap kepada Dewan juri untuk tetap obyektif menilai, berdasarkan profesional, gaya bahasa jurnalistik khususnya gaya bahasa feature, 5W 1 H, dan isi materi sesuai tema yang di usung oleh Dinas Kominfo Provinsi Jambi di atas .(red/med)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.