News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pembukaan DIAZ Expo 2021 Spectacular

Pembukaan DIAZ Expo 2021 Spectacular


The Jambi Times, JAMBI |Pandemi Covid-19 seakan tak menyurutkan semangat seluruh keluarga besar Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo-Jambi dan Tebo untuk terus berkreativitas. Kreativitas tersebut diwujudkan dalam sebuah perhelatan akbar tahunan yakni DIAZ Expo 2021, yang dirangkai dalam berbagai kegiatan. Mulai dari Parenting Akbar, Diaz Competition, Education Fair, Spectacular Art Show, Social Project dan Reuni Akbar yang diselenggarakan secara virtual. DIAZ Expo 2021 yang berlangsung  di lapangan utama Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo, pada Kamis 18/02/2021 tersebut mengusung tema “Take off towards the world class institution 2025”.

Pembukaan DIAZ Expo tahun 2021 ini sedikit berbeda dengan Expo tahun-tahun sebelumnya yang digelar di Diniyyah Al-Azhar Islamic Education Centre Jambi, DIAZ Expo tahun 2021 ini dihelat di Diniyyah Al-Azhar Islamic Boarding School Muara Bungo. DIAZ Expo 2021 ini dibuka oleh Bupati Bungo H. Mashuri yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Bungo, Ir. Harmadji.

Turut hadir dalam pembukaan DIAZ Expo 2021 Pimpinan YPPD Al-Azhar Umi Dra. Hj. Rosmaini MS, M.Pd.I. Pembina YPPD Al-Azhar Buya Dr. H. Maksum Malim Lc., M.Pd.I. Direktur Pendidikan Diniyyah Al-Azhar Ustadz H. M. Hafizh El Yusufi, S.Pd.I., MM. Wakil Pimpinan YPPD Al-Azhar H. M. Zulfadhli El Yusufi, Lc., M.Pd. dan Wakil Direktur Pendidikan Diniyyah Al-Azhar Jambi H. Abdul Muhaimin B.Sy.E., M.E. serta seluruh keluarga besar Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo-Jambi-Tebo. Hadir pula dalam kegiatan ini, Kepala Cabang PT. Penerbit Erlangga Regional Sumbagsel, Herianto, S.E., MM. Hadir pula perwakilan dari Kantor Kemenag Kabupaten Bungo, Perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Bungo, Unsur Forkopimda Kabupaten Bungo, dan sejumlah tamu undangan lainnya, yang hadir dengan mengikuti prosedur protokol kesehatan.

Diawali dengan serangkaian penyambutan untuk tamu undangan, mulai dari derap langkah gagah dari Tim Paskibraka DIAZ Muara Bungo yang terdiri dari 16 orang santri mengantarkan para tamu undangan ke tribun khusus, yang dilanjutkan dengan atraksi Pasukan Elite Army Junior dengan aksi keceriaan dan kekompakan menyambut para tamu undangan. Penampilan Asmaul Husna dari siswa dan siswi kelals 4 dan 5 SDIT Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo, Tari Persembahan dari siswi SMPIT dan SMAIT Diniyyah Al-Azhar Jambi juga menjadi rangkaian pembuka yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Dipandu oleh empat orang Master Of Ceremony dari Diniyyah Al-Azhar Jambi, kegiatan dilanjutkan dengan tilawah oleh enam orang Qari’ah terbaik Diniyyah Al-Azhar Jambi yang merupakan mahasiswi dari dari STITAD dan STKIP Al-Azhar Diniyyah Jambi. Penampilan paduan suara Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo yang membawakan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Maskot DIAZ, Something Just Like This dan Man Ana menggambarkan harmonisasi nada dan Irama yang juga mencerminkan jiwa nasionalisme, loyalitas, serta religius, smart and creative yang menjadi motto dari Perguruan Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo, Jambi dan Tebo.

Pada momentum DIAZ Expo 2021 ini juga ditampilkan prestasi yang telah dicapai oleh Perguruan Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo baik di tingkat, Kabupaten, Provinsi, Nasional bahkan Internasional. Adapun Raihan total prestasi Diniyyah Al-Azhar  Muara Bungo-Jambi dari tingkat PAUD, SDIT, SMPIT, MTs hingga MA baik di tingkat, kabupaten/kota, provinsi, nasional dan internasional, diantaranya  Tahun Ajaran 2019/2020 berjumlah 258 piala dan pada Tahun Ajaran 2020/2021 berjumlah 152 piala. Penampilan Pramuka, PMR, dan Marching Band Bahana DIAZ Santri juga memukau hadirin dan pemirsa yang menyaksikan Pembukaan DIAZ Expo 2021 ini secara virtual.

Ketua Panitia DIAZ Expo 2021 Abiburrahman, S.Pd.I. dalam laporannya menyampaikan bahwa agenda tahunan yang digelar ini bertujuan untuk menjalin silaturahim dengan Pemerintah dan juga stake holder.

Direktur Pendidikan Diniyyah Al-Azhar H. M. Hafizh El Yusufi, S.Pd.I., MM. dalam sambutannya menjelaskan bahwasanya Diniyyah Al-Azhar Expo 2021 ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa.

“Ada 38 Ekskul yang dikembangkan di Perguruan Diniyyah Al-Azhar ini yang mewakili kecerdasan jamak diantaranya kecerdasan intelektual, kecerdasan kinestetik jasmani, kecerdasan spasial, kecerdasan matematik logic, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan linguistik, kecerdasan musikal dan kecerdasan kinestetik naturalis” ungkap Ust. Hafizh.

Sementara itu, Ketua YPPD Al-Azhar Muara Bungo Umi Dra. Hj. Rosmaini MS, M.Pd.I. berharap apapun yang dikerjakan oleh Diniyyah Al-Azhar ini semata-mata hanya untuk mencari Ridho Allah SWT, termasuk pula dengan gelaran DIAZ Expo 2021 yang digelar ini.

“Hari ini, hari yang sangat menggembirakan karena inti dari Expo ini adalah bagaimana menggali daripada bakat anak-anak, dan kalau anak-anak sudah tersalur bakatnya di waktu pembentukan karakter ini, Insya Allah dia akan merasa puas, tetapi dia tidak akan lari dari garis yaitu bermanfaat bagi orang lain” papar Umi Hj. Rosmaini.

Sementara itu Staf Ahli Bupati Bungo bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir. Harmadji dalam sambutannya menyampaikan bahwasanya perkembangan Diniyyah Al-Azhar Muara Bungo-Jambi-Tebo ini dalam mencetak generasi pemimpin bangsa patut diacungi jempol. Ir. Harmadji juga membuka secara resmi kegiatan DIAZ Expo 2021 ini, yang ditandai dengan pemukulan gong dan didampingi oleh Ust. H. M. Hafizh El Yusufi, S.Pd.I., MM.

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment