News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Zarif: AS Sandera Ilmuwan Iran

Zarif: AS Sandera Ilmuwan Iran

The Jambi Times, IRAN  |  Menteri Luar Negeri Republik Islam, Mohammad Javad Zarif, menuduh Amerika Serikat menyandera beberapa ilmuwan Iran.

Dalam sebuah tweet pada hari Jumat, 27 Maret 2020,  Zarif mengatakan, "AS bahkan menolak cuti medis di tengah COVID-19 untuk laki-laki yang dipenjara di fasilitas mengerikan dan minta lepaskan orang-orang kami."

Mengacu pada laporan surat kabar The Guardian tentang seorang profesor sains Iran, Dr. Sirous Asgari, yang katanya masih ditahan setelah dibebaskan pada November atas tuduhan federal AS atas pencurian rahasia dagang, Zarif tweeted, 

"AS telah mengambil beberapa orang Iran Para ilmuwan menyandera tanpa tuduhan atau atas tuduhan sanksi palsu dan tidak membebaskan mereka, bahkan ketika pengadilannya sendiri menolak tuduhan yang tidak masuk akal itu. " Zarif tidak menyebutkan nama tahanan lainnya.

Seorang ilmuwan Iran yang dinyatakan tidak bersalah dalam sidang sanksi AS tetapi tetap dipenjara oleh AS.

 Imigrasi mengatakan kepada Guardian pada hari Kamis kemarin bahwa kondisi dalam penahanan yang kotor dan padat dan para pejabat melakukan sedikit untuk mencegah wabah Virus Corona yang mematikan.

AS telah meminta Iran untuk membebaskan dua warga negara Amerika yang ditahan di penjara  Republik Islam.

Pada 19 Maret, Teheran setuju untuk memberikan cuti kepada warga negara Amerika, Michael White, yang ditahan di balik jeruji besi.

Ditahan oleh Iran selama lebih dari 600 hari dengan tuduhan palsu, White telah dirawat di rumah sakit dengan gejala yang sesuai dengan Virus Corona baru, menurut juru bicara keluarganya.

Seorang veteran angkatan laut Amerika, Michael White, 48, belum dites positif, tetapi ada kekhawatiran mendalam atas kesehatannya ketika Iran berjuang untuk menahan wabah Virus Corona.

"Situasinya sangat mendesak," juru bicara keluarga, Jonathan Franks, mengatakan dalam sebuah pernyataan Rabu malam. "Adalah kepentingan semua orang selama krisis kesehatan ini untuk memfasilitasi evakuasi medis", ungkap Michael.

Mengacu pada pembebasan White, Perwakilan Khusus AS untuk Urusan Iran, Brian Hook, mengatakan pada 19 Maret, "Kami berharap ini adalah langkah pertama. Saat ini, itu hanya cuti medis."

Selanjutnya, Hook meminta para pemimpin Republik Islam untuk membebaskan semua warga negara Iran-Amerika ganda termasuk aktivis lingkungan terkenal, Morad Tahbaz dan pengusaha, Siamak Namazi.




Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment