Bupati Romi Hariyanto hadiri Kegiatan Istighotsah Akbar

 
The Jambi Times, MUARASABAK | Minggu (22/9) pagi, Bupati Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), H Romi Hariyanto menghadiri kegiatan Istighotsah akbar dan peringatan 1 Muharram 1441 Hijriah di Kecamatan Kuala Jambi. Pada kegiatan yang diselenggarakan oleh keluarga besar Nahdatul Ulama (NU) itu, Bupati mengajak masyarakat untuk saling mengintropeksi diri agar bencana yang tengah terjadi di bumi sepucuk nipah serumpun nibung segera berlalu.

Bupati Romi Hariyanto mengakui, akibat kemarau panjang yang sedang melanda saat ini, memang berdampak diberbagai aspek kehidupan. Seperti bencana Karhutla, kabut asap, minimnya persedian air bersih, serta ancaman gangguan kesehatan seperti Ispa dan diare. Belum lagi persoalan hampir lumpuhnya kegiatan belajar mengajar sejak satu bulan terakhir. Kemudian ia juga menghimbau, kepada masyarakatnya yang hendak membuka lahan, jangan sampai dengan cara membakar. Karena dampak dari itu, akan membahayakan diri sendiri dan orang banyak.

Pada kesempatan itu pula, Bupati Romi Hariyanto juga memberikan apresiasi kepada para ibu-ibu pengajian. Dimana pada Istiqhotsah yang digelar sebelumnya di Masjid Agung Nur Addarajat, telah berhasil mengumpulkan dana puluhan juta untuk disumbangkan kepada Baznas Kabupaten Tanjabtim. Dan atas kepedulian para ibu-ibu Kuala Jambi tersebut, Bupati sempat mengapresiasinya dan akan memberangkatkan Umroh kepada salah satu yang hadir. "Semoga dana ini nantinya dapat digunakan sebaik mungkin, dan menjadi amal jariyah ibu-ibu,” ucap Bupati.

Selain dihadiri warga NU dan masyarakat setempat, pada kegiatan Istighotsah Akbar tersebut, dihadiri oleh Ketua MUI Tanjabtim KH. As’ad Arsyad, sejumlah pejabat dilingkup Pemkab Tanjabtim dan unsur Forkopimcam. Siraman rohani, pembacaan ayat Al-Qur’an, sholawat, dan bermunajat kepada Allah SWT, merupakan rangkaian beberapa kegiatan Istighosah akbar, yang dipusatkan di salah satu MTs-MA  Al-Irsyad di parit 5 Kelurahan Kampung Laut, Kecamatan Kuala Jambi.(husin)