News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Banyak Media Sorot PTPN 6 Negatif,Barulah Turun ke Desa

Banyak Media Sorot PTPN 6 Negatif,Barulah Turun ke Desa



THE JAMBI TIMES - TEBO - Maraknya pemberitaan negatif di media massa akhir – akhir ini yang melibatkan PTPN 6 Rimbo Dua dengan warga Desa Tirta Kencana dan Desa Sapta Mulia terkait permasalahan Kesehatan direspon cepat oleh pihak PTPN 6 Rimbo Dua, salah satunya dengan merealisasikan kesepakatan bersama antara PTPN 6 Rimbo Dua dengan Masyarakat Desa Tirta Kencana dan Desa Sapta Mulia Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo.

Dengan menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tebo dan Puskesmas Rimbo Ilir untuk melaksanakan kegiatan Pengecekan Kesehatan dan Pengobatan Gratis bagi warga Desa Tirta Kencana dan Desa Sapta Mulya yang berada di sekitar Area PTPN 6 Rimbo Dua pada hari Sabtu, 30 September 2017. Disamping itu, pelaksanaan kegiatan di laksanakan di kediaman rumah Bapak Suwandi selaku ketua RT 32 yang beralamat di Jalan Camar Desa Sapta Mulya Kecamatan Rimbo Bujang Kabupaten Tebo.

Armansyah SDM Umum PTPN 6 Rimdu menuturkan“apabila kegiatan sebelumnya dilakukan di PTPN 6 Rimdu maka untuk memaksimalkan kegiatan serta mendengarkan secara langsung keluhan masyarakat kami sengaja melaksanakan kegiatanya di tempat warga"

Kegiatan ini sendiri dilakukan sebagai bentuk jawaban keluhan masyarakat yang akhir – akhir ini mencuat ke media terutama keluhan masalah saluran pernafasan.

“Ini respon yang baik dari pihak PTPN 6 Rimbo Dua dengan cepat merealisasikan salah kesepakatan bersama dengan masyarakat Desa Tirta Kencana dan Desa Sapta Mulia dari tiga kesepakatan yang disetujui bersama pada pertengahan September ini” ujar Slamet Setya Budi selaku Anggota BPD Tirta Kencana notabene Pengurus PMI Kabupaten Tebo.


Adapun kesepakatan bersama dengan Perwakilan Masyarakat Desa Tirta Kencana dan Desa Sapta Mulia tertuang dalam Berita Acara Nomor : BA:185/RDU/2017 yaitu Pengecekan Kesehatan Gratis atas warga sekitar PKS Rimbo Dua oleh PTP Nusantara VI UU Rimdu, Perbaikan dan perawatan jalan lingkungan Pabrik (Jalan Randu II dan Jalan Camar), dan Pengusulan CSR 2018 diprioritaskan untuk Desa Tirta Kencana dan Desa Sapta Mulya.

Sementara itu, warga sangat antusias dengan kegiatan Pengecekan Kesehatan dan Pengobatan Gratis tercatat penerima manfaat lebih dari 89 Warga Masyarakat dari Desa Tirta Kencana dan Desa Sapta Mulia yang berada disekitar areal PTPN 6 Rimbo Dua dari rentan usia yang berbeda. Tenaga ahli terdiri dari Dokter dan Perawat Puskesmas Rimbo Ilir serta Relawan dan Perawat dari PMI Kabupaten Tebo.

Kegiatan tersebut didukung dengan obat – obatan yang disediakan oleh Puskesmas Rimbo Ilir dan alat – alat pendukung seperti Oksigen, Nebulizer, Air Purifier dll dari PMI Kabupaten Tebo.

“Keluhan masyarakat terbanyak yaitu karena terganggu bau asap yang ditimbulkan dari proses produksi kelapa sawit sehingga secara tidak langsung mengganggu pernafasan ditambah pasien menuturkan mengalami gangguan sesak nafas sejak kabut asap tahun 2015 disamping itu ada beberapa masyarakat yang memiliki riwayat penyakit asma menahun” Imbuh Slamet Setya Budi.
Dalam kegiatan ini, terdapat 5 Orang yang memiliki riwayat gangguan pernafasan serta memerlukan penanganan untuk dilakukan pemasangan oksigen.

“Alhamdulilah setelah dipasang oksigen nafas saya lega, kami harap kegiatan seperti ini diadakan kembali” Pungkas Hariman.(SSB)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.