News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Wakil Gubernur Jambi Bicara Soal Teknologi

Wakil Gubernur Jambi Bicara Soal Teknologi

 
(Ilustrasi)
Wakil Gubernur Jambi Drs.H.Fachrori Umar,M,Hum menegaskan bahwa kemajuan teknologi komunikasi harus dimanfaatkan untuk peningkatan mutu pendidikan dan kebudayaan. Pernyataan ini disampaikannya saat  membuka secara resmi acara Ki Hajar Dewantara Award Tingkat Provinsi Jambi tahun 2013 dan Gebyar Teknologi Informasi (TIK), Rabu (2/10) bertempat di Jambi Town Square (Jamtos). Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari yaitu 2 s.d. 4 Oktober dan diikuti oleh seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Jambi dengan jumlah peserta 22 orang. Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Kemendikbud RI Dr.Oos M.Anwas.

Dalam sambutannya Wagub menyatakan bahwa saat ini teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang pesat dan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan dan kemajuan teknologi komunikasi sering disalahgunakan untuk hal-hal yang besifat negatif. “Hampir seluruh segi kehidupan manusia kini tidak bisa terlepas dari teknologi informasi dan komunikasi, teknologi komunikasi sudah dianggap kebutuhan yang tak terpisahkan, saat ini teknologi ini dimanfaatkan untuk berkomunikasi melalui facebook, twiter, sehingga cepat sekali informasi didapat, ya, namun itu sering digunakan untuk hal yang tidak baik, apalagi saat ini pengaruh dari informasi itu telah melunturkan kebudayaan kita yang luhur” ungkap Wagub.

Disampaikan Wagub bahwa seharusnya kemajuan teknologi ini dapat juga digunakan untuk peningkatan dan keluhuran kebudayaan bangsa.”Saya sangat prihatin ketika generasi muda menggunakan teknologi bukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kebudayaan kita, sekarang nilai-nilai budaya kita mulai luntur, saya berharap kondisi ini dijadikan pembelajaran sehingga kemajuan teknologi dapar menghasilkan SDM-SDM yang berkualitas yang mampu bersaing di arena global, serta mampu menjawab tantangan dari perkembangan dunia,tanpa meninggalkan kebudayaan kita” katanya.

Dijelaskan Wagub bahwa Pemerintah Provinsi Jambi sangat mendukung kegiatan Ki Hajar Dewantara dan seluruh rangkaian kegiatannya. “Pemerintah Provinsi Jambi dengan visi menuju Jambi Emas telah menetapkan mutu dan kualitas pendidikan pada misi dan dalam prioritas pembangunan. Dan pada tahun 2012 yang lalu Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal ini Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi telah memberikan Anugerah Ki Hajar Tingkat Nasional kepada Provinsi Jambi” ucapnya.

Dilanjutkan Wagub bahwa saat ini pemerintah harus menemukan cara untuk memberikan penghargaan kepada para finalis yang hasil karyanya sangat kreatif bagi perkembangan teknologi. “Saat ini kendala yang kita hadapi adalah bagaimana cara agar hasil karya itu dipatenkan, karena untuk mematenkan hasil karya itu membutuhkan biaya maka kita harus mencari sponsor, atau memberikan bantuan agar hasil karya itu dipatenkan sehingga tidak diakui oleh negara atau daerah lain, itu yang harus menjadi pemikiran kita” katanya.

Sementara itu perwakilan dari Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Kemendikbud RI Dr.Oos M.Anwas memberikan apresianya kepada pemerintah Provinsi Jambi yang dinilai memiliki komitmen yang tinggi terhadap perkembangan teknologi, hal ini dibuktikan pada tahun 2012 yang lalu pemerintah Provinsi Jambi meraih juara pertama tingkat nasional penghargaan Ki Hajar Dewantara.” Perkembangan Teknologi Informasi dapat berkembang salah satunya adalah dengan adanya komitmen yang tinggi dari pemerintah untuk mempersiapkan sarana prasarana yang dituangkan dalam kebijakan dan dukungan infrastruktur dari pemerintah, dan saya yakin komitmen pemerintah Provinsi Jambi dan seluruh jajarannya sampai ke tingkat Kabupaten/Kota tidak diragukan lagi, karena dari 33 Provinsi hanya Jambi yang sangat meriah dibuktikan dengan antusias dari para peserta dan dukungan dari pihak pemerintah dan swasta yang sangat luar biasa”ungkap Dr.Oos.M.Anwas.

Disampaikan juga oleh Dr.Oos,M.Anwas bahwa saat ini pelaksanaan TIK dilakukan di pusat perbelanjaan dengan tujuan untuk menarik perhatian terutama generasi muda.”Saat ini pelaksanaan TIK kami selenggarakan di pusat perbelanjaan, dengan harapan akan banyak yang menonton, melihat dan berpartisipasi, karena para pengunjung dapat melakukan dua hal sekaligus yaitu berbelanja dan mendapatkan informasi” katanya. (Tim-JT/Hs)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.