News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Lomba Anggrek Provinsi Jambi Tahun 2013

Lomba Anggrek Provinsi Jambi Tahun 2013



Foto:Bunga Anggrek)

The Jambi Times - Jambi Dalam sambutan dan arahannya Gubernur Jambi HBA menyampaikan, upaya yang ingin dicapai dalam menyelenggarakan kegiatan ini adalah untuk menjadikan taman anggrek sebagai taman kota. “Mengingat pentingnya  untuk melestarikan anggrek ini  yang hampir langka , kegiatan  ini sangat strategis,terutama dalam konteks pelestarian plasma nutfah flora asli Provinsi Jambi, yang memiliki nilai estetika serta nilai ekonomi yang tinggi. Karena bungga anggrek tidak hanya dikenal oleh masyarakat nusantara , melainkan sudah di kenal oleh masyarakat manca negara,” ungkap Gubernur.
Dikatakan Gubernur, areal kawasan hutan Provinsi Jambi sekitar 2,1 juta Ha,  terdiri dari kawasan hutan konservasi yaitu Taman  Nasional kerinci Seblat, Taman Nasional Bukit Dua Belas, Taman Nasional Bukit Tiga Puluh dan Taman Nasional berbak , yang ditumbuhi  berbagai  jenis kayu dan tanaman hias. “Salah satu diantaranya anggrek, yang telah di kenal luas oleh masyarakat Indonesia, sebagai bunga yang sangat indah dan langka. Oleh karna itu dengan  memilihara anggrek kita telah melindungi flora yang langka,” terang Gubernur.
Pada kesempatan ini juga Gubernur Jambi HBA  mengajak semua  unsur  elemen masyarakat  khususnya di Provinsi Jambi,  agar mau melindungi dan melestarikan  anggrek dengan memafaatkan  lahan pekarangan untuk membudidayakan taman anggrek.  “Jika kegiatan ini di tekuni secara serius, maka kegiatan tersebut akhirnya juga dapat dijadikan sebagai sumber tambahan pendapatan keluarga . Upaya untuk melestarikan anggrek, bukan semata –mata  tugas pemerintah, melainkan diperlukan ke ikutsertaan semua komponen  masyarakat , untuk  peduli terhadap usaha pembudidayaan   anggrek . Dengan memasyarakatkan  budidaya anggrek , berarti kita telah menempatkan  anggrek sebagai  komoditi yang bernilai ekonomi,” jelas Gubernur.
 Gubernur Jambi dalam kesempatan ini juga mengingatkan Kepala Dinas Kehutanan  Propinsi  Jambi  agar acara seperti  ini terus di lakukan dan bahkan  di tingkat  nasional pun  siap untuk mengikutinya. “Kita mempunyai lahan yang sangat luas,” jelas Gubernur lagi.
                Dalam jumpa persnya dengan para wartawan seusai acara, orang nomor satu di jajaran Pemerintah Provinsi Jambi tersebut  membandingkan  taman anggrek yang ada di Provinsi Jambi dengan taman anggrek yang ada di negara tetangga seperti Singapura.  “Singapura itu mempunyai  lahan ,taman  yang kecil tetapi kita bisa puas bermain didalamnya  ,berkeliling  seolah-olah taman tadi besar dan luas, kenapa kita mempunyai lahan yang besar dan luas tidak bisa,” pungkas Gubernur.
Sementara itu Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi Ir. Irmansyah Rahman dalam laporannya dihadapan Gubernur Jambi menyampaikan bahwa hutan alam yang terdapat dalam areal tanaman industri di wilayah di Provinsi Jambi ini akan tetap dipertahankan agar tidak dilakukan penebangan. Hal ini disamping menjadi sumber keanekaragaman hayati dapat juga untuk mendukung daya saing daerah. “ Konsekuensinya kita akan melakukan koordinasi ke Kementerian Kehutanan pusat untuk merevisi RKU dari para pemegang izin, agar hutan alam yang masih ada di potensi HTI tersebut untuk tidak dilakukan penebangan. Karena hutan alam ini adalah sebagai media antara lain tumbuhnya anggrek dan keanekaragaman hayati kedepan di Provinsi Jambi, “ jelas Kadis Kehutanan.
Dikatakan Kadis Kehutanan, penyelenggaraan lomba anggrek tahun 2013 ini dilaksanakan adalah sebagai strategi pengembangan anggrek yang bertujuan untuk menunjukkan kepada masyrakat luas sejauhmana perkembangan dunia per anggrek kan Provinsi Jambi, memaksimalkan potensi lokal terutama tanaman hias khusunya tanaman anggrek dan sebagai wadah bagi pencinta anggrek, pedagang dan petani   anggrek  dalam merekreasikan tanaman hias anggrek. Kemudian juga sebagai dukungan terhadap kelestarian lingkungan alam terutama kelestarian dan pengembangan tanaman anggrek di Jambi  serta sebagai langkah nyata peningkatan ekonomi masyarakat di Provinsi Jambi melaui tanaman anggrek.        
Adapun daftar pemenang lomba anggrek Propinsi Jambi  tahun 2013 daiantaranya adalah sebagai berikut :  1. Anggrek alam kelas Phalaenopsis  Sumatera     juara 1 diraih oleh   PAI  Kabupaten sarolangun, sementara  untuk kelas Bulbophyllum juara 2 diraih oleh Gerakan Muaro Jambi Bersakat (GMB), 2. Sedangkan pada Anggrek Silangan Kelas Dendrobium Putih juara 1 diraih oleh Folia Mildarini, dan untuk Kelas Dendrobium Ungu juara 4 diraih oleh Kelompok Tani Mawar 17 Kelurahan Thehok Kecamatan Jambi Selatan. (Tim_JT/Hs)                          

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.