Petani Aceh Harus Bangkit dari ketergantungan

ACEH | Memang kenyataan , Aceh masih sangat ketergantungan secara ekonomi dengan Tanah Karo , Sumatera Utara (Sumut). Terutama pasokan,sayur mayur 

Seorang pedagang sayur mayur grosir di Kota Panton Labu , Kamaluddin mengatakan, pada awak media ini Minggu (9/12/2018) di sela sela kesibukan melayani pembeli.

“Menurut Kamaluddin sayur mayur dari Tanah Karo bukan saja untuk kota yang di pasok,tapi hampir seluruh daerah yang ada di Aceh, hal ini terlihat saat mengambil di Tanah Kalo. 

Oleh karena itu,Kamaluddin mengharap pada Pemerintah Aceh untuk menerapkan pola bercocok tanam di daerah2 yg berpotensi bisa utk di kembangka pada petani Aceh.

“Karena kita tau persis bahwa Aceh sangat ketergantungan dengan Medan, bila di Medan harga naik sudah pasti harga di Aceh juga turut naik, karena barang dari Aceh datang dari Medan,” sebutnya.

Lanjutnya, jangankan daun sop,tomat saja seharusnya bisa disediakan di Aceh juga masih tetap ketergantungan dari Tanah Karo. Bila pasokan tomat dari Medan terhenti, maka Aceh bisa krisis sayur mayur dan harga bisa melambung tinggi.

“Daun saja kita masih harus didatangkan dari Tanah Karo. Inilah yang harus diperhatikan, janganlah kita ketergantungan dari Tanah Karo,” tutupnya.

Kontributor: Faisal