News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Fasha Wujudkan Sarana Pendidikan Berkualitas

Fasha Wujudkan Sarana Pendidikan Berkualitas


THE JAMBI TIMES - JAMBI -  Membangun sistem pendidikan yang bermutu dan berkualitas sepertinya telah direalisasikan dengan baik di Kota Jambi. Pemenuhan sarana prasarana pendukung pendidikan, menjadi prioritas utama pembangunan Kota Jambi di bawah kepemimpinan Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha, ME.

Hal tersebut dibuktikannya saat meresmikan pembangunan Sekolah Dasar (SD) Negeri 18 Kota Jambi di Kelurahan Sungai Asam Pasar Jambi, Sabtu siang (13/1). Peresmian sekolah tersebut juga dirangkai dengan peresmian pembangunan Laboratorium IPA di 8 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kota Jambi.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Staf Ahli Wali Kota Drs. H. Izhar Muzani, ME, Asisten II Sekda Kota Jambi Drs. H. Rd. Erwansyah, M.M., Kadis Pendidikan akota Jambi Drs. Arman, M.M, Camat Pasar Jambi Mustari Affandi, AP, Forkompimcam Pasar, Lurah,

Kepala Kekolah SD dan SMP penerima DAK TA 2017 dan Ketua RT se-Kecamatan Pasar Jambi.
Secara simbolis Wali Kota Fasha meresmikan penggunaan bangunan SD tersebut dengan pengguntingan pita dan membuka tirai papan nama sekolah tersebut.

Pada tahun 2017, ada 18 SD penerima bantuan DAK untuk melaksanakan rehab ruang belajar, baik rehab sedang, berat dan rehab total. Di tahun yang sama terdapat 13 SMP yang turut menerima dana DAK untuk pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB), 10 SMP untuk rehab ruang belajar dan penunjang lainnya dan 8 SMP untuk pembangunan labor IPA. Selain rehab RKB, turut dilaksanakan juga pengadaan buku koleksi perpustakaan, peralatan laboratorium IPA dan komputer.

“Pembangunan berbagai sarana pendidikan di Kota Jambi adalah amanat UUD 1945 Pasal 31 ayat 1 dan 2, dimana setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan dan wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya. Di tahun 2017 terjadi peningkatan DAK yang signifikan dibanding tahun 2016. Itu sangat membantu Kota Jambi dalam mendanai penyediaan sarpras pendidikan. Membangun sekolah papan menjadi bangunan permanen seperti SD 18 ini. Jika andalkan APBD belum tentu 10 tahun akan selesai,” sebut Fasha.

Wali Kota Fasha juga berharap, dengan adanya peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendidikan, juga diikuti dengan peningkatan kualitas tenaga pendidik.

“Kompetensi kepala sekolah dan tenaga pengajar juga harus meningkat, seiring dengan peningkatan kualitas fisik bangunan sekolah. Kualitas harus merata, tidak ada lagi istilah sekolah favorit. Semua sekolah wajib menjadi sekolah favorit. Kami juga berpesan agar seluruh fasilitas yg sudah dibangun untuk dijaga. Berbagai kekurangan akan segera dilengkapi,” tegas Fasha.

Pendidikan memang menjadi prioritas utama Wali Kota Fasha dalam RPJMD Kota Jambi. Berbagai upaya dilakukan oleh dirinya untuk memberantas angka putus sekolah di Kota Jambi. Selain telah melaksanakan pembebasan biaya sekolah (gratis) di 24 sekolah swasta di 5 kecamatan telah, bantuan seragam, tas, sepatu, buku, alat tulis dan spp bagi 288 siswa SD dan 324 siswa SMP tidak mampu pun telah dilaksanakan dalam kurun waktu 4 tahun terakhir.

Tidak hanya itu, terobosan paling anyar pada tahun 2018 Wali Kota Fasha yang diinisiasinya bersama Ketua DPRD Kota Jambi H.M. Nasir adalah dengan mengangkat 82 orqng Havizh Al-Quran untuk mengajar minimal 1 jam di SD dan SMP di Kota Jambi.

“Akan kita bentuk muatan lokal membaca Al-Quran di SD dan SMP. Khusus SD akan dimulai dari kelas 1 hingga kelas 6 akan khatam Quran. Tujuannya adalah untuk memberantas dan memutus mata rantai buta aksara Al-Quran sedari dini. Mendidik mental dan akhlak adalah tanggung jawab kita bersama sedari dini. Semoga ikhtiar kita diridhoi oleh Allah SWT,” harap.(ADV HMS)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.