News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Terbukti Palsukan Laporan Keuangan, CEO Toshiba Minta Maaf

Terbukti Palsukan Laporan Keuangan, CEO Toshiba Minta Maaf

(Pejalan kaki melintasi logo Toshiba yang terpampang di pusat perbelanjaan di Tokyo, Jepang, pada 25 Juni 2015. (REUTERS/Yuya Shino)

Jakarta - CEO sementara Toshiba, Masashi Muromachi mengajukan permohon maaf ke kantor Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Rabu (5/8) menyusul adanya pemalsuan laporan keuangan perusahaan yang dipimpinnya.

Menurut juru bicara Toshiba, Muromachi bertemu dengan perwakilan Abe dan meminta maaf atas "ketidaknyamanan yang mereka sebabkan."

Dari hasil penyelidikan yang dilakukan komite independen bulan lalu tercatat, Toshiba terbukti memalsukan laporan keuangan dengan meningkatkan keuntungan sebesar US$ 1,2 miliar selama beberapa tahun.


Skandal ini terungkap setelah pemerintah Abe berusaha meningkatkan kepercayaan investor asing terhadap Jepang dengan memberi pedoman mengenai tata kelola perusahaan yang baik.

Apalagi, Toshiba bisa disebut sebagai perusahaan tua yang punya hubungan sangat dekat dengan pemerintah.

Kepala Peneliti di Nomura Research Institute, Sadakazu Osaki mengatakan, permintaan maaf yang dilontarkan Toshiba mencerminkan sejauh mana para eksekutif Toshiba dekat dengan pemerintah.

"Ini dilakukan karena mereka Toshiba. Saya tidak berpikir perusahaan lain akan melakukan itu," kata Osaki.

Akibat insiden ini, CEO Toshiba sebelumnya yakni Hisao Tanaka mengundurkan diri dari jabatannya. Sejumlah eksekutif Toshiba, termasuk wakil ketua Norio Sasaki dan mantan ketua komite audit Makoto Kubo juga dikabarkan telah hengkang dari perusahaan itu.Seperti kepada cnnindonesia
(adt/eno)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.