News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Zola : Pencegahan DBD Lebih Efektif

Zola : Pencegahan DBD Lebih Efektif



The Jambi Times - Muara Sabak - Memasuki musim penghujan ancaman penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) kembali mengintai, Bupati Tanjung Jabung Timur, Zumi Zola Zulkifli, STP, MA, menegaskan kepada seluruh Camat untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar  waspada terhadap penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti ini.

“Fogging itu bukan solusi utama dalam memberantas perkembangan DBD, yang harus ditanamakan persepsi ke masyarakat adalah hindari perkembangbiakan dengan cara 3M, menguras bak mandi, mengubur kaleng bekas dan menutup bak penampungan air,” kata Zola dihadapan para Camat dan Kepala SKPD Lingkup Pemkab Tanjab Timur, saat rapat terkait pelayanan publik diruang pola kantor Bupati, (1/12) Kemarin.

Di dampingi Sekretaris Daerah Setda Tanjabtim, Zola menegaskan pencegahan yang paling efektif dengan memberantas sarang jentik, lebih di upayakan melalui penjagaan lingkungan dengan hidup sehat dan bersih. “Fogging diperlukan bila beberapa kawasan padat penduduk memang dalam level kondisi luar biasa (KLB),” sebut Zola.

Selain itu, Zola juga meminta kepada  Dinas kesehatan, Rumah sakit, Puskesmas untuk terus memantau perkembangan penyakit DBD ini, dan mengantisipasi bila ada pasien yang terjangkit untuk segera diambil tindakan, jangan sampai terlambat, termasuk pembagian abate untuk masyarakat dalam upaya memberantas jentik.

Di Kabupaten tanjung Jabung Timur, Daerah endemis perkembangan DBD dan diwaspadai secara khusus diantaranya di kecamatan Nipah Panjang, Rantau Rasau dan Dendang, penderita DBD di Kabupaten Tanjabtim sendiri hingga saat ini hanya ditemui beberapa kasus.(51N)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.