News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Heavy 75th Anniversary Alice Cooper

Heavy 75th Anniversary Alice Cooper




Dilahirkan dengan nama Vincent Damon Furnier pada 4 Februari 1948 di Detroit, AS. Putra dari seorang pastur, Cooper pindah dengan keluarganya saat dia berusia 12 tahun, pertama ke California dan kemudian ke Arizona, dimana keluarga Furnier tinggal di sebuah taman trailer. 

Cooper mulai menyukai musik sejak masih anak-anak dan saat di SMA membentuk band rock pertamanya. Grup ini, pertama diberi nama the Earwigs dan kemudian diganti menjadi the Spiders, membawakan lagu-lagu milik band-the Beatles, the Rolling Stones dan the Who-yang dipuja oleh Cooper. 

Setelah menjelajah kancah bar lokal, grup ini pindah ke Los Angeles, dimana mereka berharap bisa sukses. Pada saat ini, band telah membangun sound yang membawa hawa amarah, blak-blakan dan gelap, yang awalnya tidak disuka oleh para kritikus. Tapi dengan Cooper sebagai ujung tombak, musik mereka mendapat perhatian dari Frank Zappa, yang mengantar para musisi muda mendapatkan kontrak rekaman. 

Pada tahun 1969, grup ini, yang telah merubah namanya menjadi Alice Cooper (nama ini diambil dari seorang dukun yang awalnya menarik perhatian sang penyanyi utama melaluis sebuah papan Ouija), merilis album pertamanya, Pretties for You. Album susulannya, Easy Action, keluar satu tahun kemudian.

Tak lama berselang, grup ini memperoleh reputasi untuk penampilan mereka yang luar biasa. Pada salah satu peristiwa yang terkenal, salah satu penggemar melemparkan seekor ayam hidup ke atas panggung. Cooper menanggapainya dengan menangkap ayam itu dan melemparkannya ke udara. Saat ayam itu kembali lagi ke tangan para pentonton ayam itu telah tercabik-cabik. Tapi dalam versi lain cerita itu, Cooper membunuh ayam itu sendiri dan meminum darahnya.

Aksi teatrikal lainnya antara lain “pembunuhan” boneka anak kecil, dan menggunakan alat pancung dan kursi listrik palsu selama penampilan mereka. Untuk bagiannya, Cooper menyiapkan kejutan yang mendampingi penampilan ini. Pada tahun 1973 artis surealis Salvador Dali memfilmkan sang penyanyi, yang menggunakan kalung dan tiara berlian, saat dia menggigit hingga copot kepala sebuah replika kecil dari Venus de Milo untuk karya holografik. 

Pada tahun 1971 Warner Bros. mengontrak Alice Cooper, band, dengan sebuah kontrak rekaman baru. Pada beberapa tahun berikutnya grup ini merilis album-album sukses dan terkenal, seperti Killer (1972), School’s Out (1972), Billion Dollar Babies (1973) dan Muscle of Love (1974).

Pada tahun 1974, Alice Cooper, musisi, berpisah dari rekan-rekan bandnya dan mengambil nama band menjadi nama sendiri. Tahun berikutnya dia merilis album solo pertamanya, Welcome to My Nightmare, yang membuatnya memperoleh kesuksesan kritis dan komersil yang berkelanjutan, seperti juga Alice Cooper Goes to Hell pada 1976.

Tapi kehidupan Cooper juga berantakan. Cooper yang hebat dan perkasa berakhir di sebuah sanatorium New York, dimana dia mengalami kecanduan narkoba dan melakukan aksi criminal. Dan ajaibnya, masa-masa ini membuat Cooper, yang kembali memeluk Kristen dan akhirnya memiliki obsesi akan permainan golf, bisa sembuh. 

Namun, musiknya, tidak sepenuhnya kembali seperti sedia kala. Dua rekaman, Special Forces (1981) dan Zipper Catches Skin (1982), secara khusus membuktikan kekecewaan itu. Tapi pada tahun 1989, Cooper kembali ke chart dengan album terkenal, Trash.

Sejak itu, Cooper menikmati rangkaian kesuksesan, baik di studio atau dimana saja. Kredit filmnya antara lain Wayne’s World (1992), Dark Shadows (2012), dll. Pada 2004 dia meluncurkan acara radio yang sangat sukses, Nights With Alice Cooper. 

Beberapa tahun ini dia telah melakukan reuni dengan anggota band lamanya yang masih hidup, dan pada tahun 2011 grup ini dilantik ke dalam the Rock and Roll Hall of Fame. 

Pada tahun 2015, Cooper mendirikan Hollywood Vampires, sebuah supergup yang menampilkan Johnny Depp dan Joe Perry dengan album studio baru yang berisilagu-lagu rock cover, yang menampilkan banyak artis tamu antara lain Paul McCartney, Brian Johnson (AC/DC), Joe Walsh (the Eagles), Slash, Matt Sorum, Duff McKagan dan masih banyak lagi.


(AAGRS)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.