News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Heavy 69th Anniversary Vandenberg's Adrian Vandenberg

Heavy 69th Anniversary Vandenberg's Adrian Vandenberg




Dilahirkan pada 31 Januari 1954, di The Hague, di Belanda dengan nama Adrianus van den Berg.


Adrian van den Berg awalnya gitaris untuk band Belanda, Teaser, sebuah band yang merilis album self-titled pada tahun 1978. Tidak harus bingung dengan band Amerika Teaser yang menampilkan gitaris Amerika Jake E. Lee. Dia kemudian memulai bandnya sendiri, bernama Vandenberg, yang merilis tiga album di tahun 1980-an, Vandenberg (1982), Heading for a Storm (1983) dan Alibi (1985). Mereka bisa dibilang terkenal karena balada "Burning Heart," sebuah lagu yang menampilkan lapisan gitar dan harmoni yang beragam, dan "Friday Night", dari album Heading for a Storm. Mereka melakukan tur secara ekstensif, termasuk tempat dukungan kepada Michael Schenker Group di Inggris pada akhir tahun 1982.


Adrian van den Berg awalnya didekati untuk bergabung dengan Whitesnake di awal 1980-an, membuat terkesan David Coverdale dengan tidak hanya sihir gitarnya, tetapi juga dengan bakat penulisan lagu dan kemampuannya sebagai pemimpin band. Dia awalnya menolak, karena keberhasilan bandnya sendiri Vandenberg dan hit Top 40 mereka, "Burning Heart." Namun, pada 1986, dengan tekanan dari perusahaan rekaman untuk menjadi lebih komersial dan keberhasilan mereka membuat hit ke luar negeri, dia mengalah dan akhirnya membubarkan Vandenberg, setuju untuk bergabung dengan Coverdale di Whitesnake. Awalnya ia dipekerjakan sebagai musisi sesi, membantu untuk menyelesaikan album mereka Whitesnake (dikenal sebagai 1987 di Eropa) setelah pemecatan masal anggota band asli oleh Coverdale. Dia memberikan kontribusi solo untuk hit No. 1 mereka "Here I Go Again," tapi gitaris John Sykes memainkan semua gitar ritem dan utama di album ini.


Setelah tur dunia yang sangat sukses dan pemutaran luas untuk 3 video mereka di MTV, van den Berg ikut menulis semua musik untuk album berikutnya Slip of the Tongue. Namun, dalam persiapan untuk masuk studio untuk sesi rekaman, ia terluka pergelangan tangannya dan melakukan pemanasan latihan piano isometrik dan sayangnya tidak dapat berkontribusi pekerjaan gitar utama untuk album Slip of the Tongue. Steve Vai didatangkan oleh pendiri David Coverdale untuk merekam baik gitar utama dan ritem di album bukannya van den Berg. Van den Berg sembuh tepat waktu untuk tinggal dengan band pada tur untuk mendukung album dalam peran gitaris ganda dengan Steve Vai, yang kini menjadi merk dagang Whitesnake. Setelah Whitesnake dibubarkan pada tahun 1991, ia kembali sebagai bagian dari inkarnasi Whitesnake lain seperti reuni/tur Greatest Hits-nya Whitesnake tahun 1994. Dia sekali lagi ikut menulis lagu untuk album Restless Heart tahun 1997 dengan Coverdale. Kali ini, ia memainkan semua gitar pada album yang berbeda ini, blues, berpaling dari keahlian rock/metal neo-klasik yang terkenal dan menuju pengaruh utama aslinya, Jimi Hendrix. Ia juga berkolaborasi dengan Coverdale di album akustik unplugged, Starkers di Tokyo. Dia juga menjadi bintang tamu di album Passion and Warfare-nya Steve Vai.


Setelah Whitesnake, ia bermain di band Manic Eden, yang juga menampilkan mantan penyanyi Little Caesar Ron Young, dan mantan rekan seband Adrian di Whitesnake, bassis Rudy Sarzo dan drummer Tommy Aldridge. Band ini berpisah ketika Adrian mengambil bagian dalam reuni/tur 1994 Greatest Hits-nya Whitesnake.


Dia kembali ke lukisan dan adalah seorang seniman airbrush yang diakui, telah menciptakan tata artistik sampul untuk album-album Heading for a Storm dan Alibi.


Ketika Whitesnake bermain di negara asal van den Berg, Belanda, ia membuat "penampilan tamu kejutan"; ia melakukannya pada Arrow Rock Festival bulan Juni 2008 di Nijmegen, di mana ia bergabung dengan line-up saat untuk menampilkan "Here I Go Again". Ia juga bermain dengan mereka di Sweden Rock Festival pada tahun 2011 bersama dengan Bernie Marsden.


Coverdale menyarankan bahwa ia dan van den Berg mungkin harus melakukan tur akustik Whitesnake di masa depan.


Pada ahun 2011, Adrian van den Berg menulis dan merekam sebuah lagu yang berjudul "A Number One" untuk tim sepak bola Belanda FC Twente dari kampung halamannya di Enschede. Kontroversi segera terjadi, berasal dari fakta bahwa ia merilis single itu di bawah moniker "Vandenberg". (Mantan) anggota band lainnya di tahun 1980-an tidak menyetujui Adrian menggunakan nama "Vandenberg" tanpa nama pertamanya, yang mengakibatkan sebuah gugatan. Di pengadilan, Adrian menang, dengan keputusan akhir menyatakan bahwa ia memiliki semua hak untuk menggunakan nama "Vandenberg." 


Vandenberg membentuk Vandenberg's MoonKings pada akhir 2013. Band ini terdiri dari Vandenberg (Gitar), Jan Hoving (Vokal), Mart Nijen-Es (Drums) dan Sem Christoffel (Bass). Pada 21 Februari 2014 Vandenberg's MoonKings merilis album debut mereka, MoonKings melalui Mascot Records. Band ini merilis album kedua mereka MK II pada 2018.


Dibawah bendera Vandenberg, Adrian merilis album Vandenberg keempat dengan titel 2020 pada tahun 2020. Di album ini Adrian merekrut vokalis Ronnie Romero (Rainbow), bassis Randy Van Der Elsen (Tank) dan drumer Koen Herfst (Doro). Juga menampilkan musisi tamu bassis Rudy Sarzo dan drumer Brian Tichy.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.