News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kamsul Hasan: Wartawan Bersertifikat UKW Banyak Melanggar Kode Etik dan UU Pers

Kamsul Hasan: Wartawan Bersertifikat UKW Banyak Melanggar Kode Etik dan UU Pers

The Jambi Times, JAKARTA |   Bagi wartawan Indonesia yang sudah memiliki Sertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW) baik itu jenjang Muda, Madya dan Utama  jangan merasa bangga dulu karena wartawan yang sudah berkompeten  ini terus menjadi target untuk diselidiki hasil karya beritanya.

Terbukti dari riset yang dilakukan oleh  para mahasiswa  jurusan jurnalistik  untuk mendapatkan gelar sarjananya, baik itu jenjang pendidikan strata 1, strarta 2 dan strarta 3. 

Calon sarjana ini mendatangi Dewan Pers di Jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat untuk mendapatkan data wartawan yang sudah terdaftar di Dewan Pers  yang telah memiliki id card dan sertifikat UKW untuk diselidiki hasil tulisannya yang sudah terpublikasi di media masing-masing.

Rupanya dari hasil temuanya yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut, hampir semua wartawan yang memiliki sertifikat telah nyata melakukan banyak pelanggaran,  baik itu pelanggaran kode etik maupun UU Pers.

Menurut  Kamsul Hasan  Ketua Komisi UKW  dan  tim sengketa pers di PWI Pusat  juga dosen di Universitas Trisakti Jakarta dan mantan Ketua PWI dua periode ini menceritakan, " Yang banyak melanggar dalam pemberitaan adalah wartawan mainstream yang menyandang sertifikat UKW", katanya dalam penutupan Uji Kompetensi  Wartawan (UKW) angkatan ke-45 , 15-16 Januari 2020 di Gedung Prasada Sasana Karya Jalan Suryopranoto Jakarta Pusat.

Rajab Ritongga Guru Besar mantan Direktur  Kantor Berita ANTARA yang juga menjabat  Direktur Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Pusat, Kamis (16/01/2020) menyarankan kepada peserta  UKW yang LULUS  untuk tidak melakukan pelanggaran dalam membuat berita, malu lembaga kita nanti", jelasnya.

UKW angkatan ke -45 ini dihadiri sebanyak 22 orang, jenjang UTAMA  diikuti 5 peserta sisanya peserta jenjang MUDA  sebanyak 17orang.

Dari 22 peserta hanya satu orang yang tiidak lulus UKW. Sebenarnya jumlah yang daftar sebanyak 24,  saat UKW dimulai akhirnya 2 orang mengundurkan diri.

Zainul Abidin










Rajab direktur UKW PWI dan 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Post a Comment