News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Bupati Romi Hariyanto ingin Adopsi Program LAMTERA

Bupati Romi Hariyanto ingin Adopsi Program LAMTERA


THE JAMBI TIMES - SUMBAR - Padang Pariaman (03/03/2018). Bupati Tanjung Jabung Timur, H. Romi Hariyanto, SE dan Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur, H. Robby Nahlyansyah didampingi beberapa Kepala OPD Kabupaten Tanjung Jabung Timur berkunjung ke Kabupaten Padang Pariaman dalam rangka Silaturahmi dan Studi Banding tentang 1000 Lampu Tentara Rakyat (LAMTERA) Bukit Barisan Bersinar.

Program 1000 LAMTERA Bersinar merupakan program Komandan Distrik Militer (KODIM) 0308 Pariaman dalam rangka ikut membantu Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman menerangi rumah penduduk yang belum dapat aliran listrik.

Program ini telah dilaksanakan pada tiga titik pada tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Padang Pariaman, yaitu Sungai Limau, Padang Sago dan 2 x 11 Enam Lingkung.

Melalui komunikasi dengan Dandim 0308 Pariaman yang pernah bertugas di Tanjung Jabung Timur, Bupati membawa Wakil Bupati beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk mempelajari kesuksesan LAMTERA Bersinar di Padang Pariaman.

Disambut antusias oleh pejabat dan PNS Pemkab Padang Pariaman yang sedang melaksanakan gotong royong bulanan di Pasar Grosir Kasang, selanjutnya rombongan menuju lokasi LAMTERA di Korong Pandan Puti, Nagari Koto Dalam Barat, Kecamatan Padang Sago.

Sambutan sama meriah pun didapat rombongan ketika sampai di lokasi. Bertempat di sebuah surau, rombongan melepas penat sambil menikmati air kelapa muda dan makanan ringan ala kampung.
Dalam sambutannya, Bupati TanjunG jabung Timur menjelaskan maksud tujuan dan kedatannnya di Padang Pariaman.

"Dandim 0308 Pariaman ini adik saya. Beliau pernah bertugas di Tanjung Jabung Timur. Melalui dia, saya dapat informasi bahwa dia sedang melaksanakan kegiatan LAMTERA," kata bupati kelahiran 3 Nopember 1974 itu.


Kondisi geografi Tanjung Jabung Timur, lanjutnya, masih banyak daerah yang belum mendapat aliran listrik. Sehingga membuat dia ingin mengadopsi program LAMTERA untuk daerahnya.

"Kalau di sini, LAMTERA programnya pak Dandim. Rencana saya di Tanjung Jabung Timur akan menjadikan program ini programnya TNI, Polisi dan Pemkab. Kami bekerjasama agar dapat menjangkau seluruh warga yang membutuhkan, Insya Allah Program LAMTERA ini akan kami adopsi ke Daerah kami, mengingat masih banyak dusun2 yg belum tersentuh penerangan lampu," ungkap mantan anggota DPRD Tanjung Jabung Timur 3 periode ini.

Wakil Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur menyambut baik dan bahagia kedatangan rombongan Tanjung Jabung Timur ke Padang Pariaman.

Didampingi Sekda, Kepala OPD, Kepala Bagian, Camat, Wali Nagari dan pemuka masyarakat di Koto Dalam Barat, suasana pertemuan dipenuhi keakraban.

Suhatri Bur mengatakan bahwa dengan Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur sudah lama kenal dan sering bertukar kabar dan cerita.

"Dari cerita dengan Wabup, saya salut dan bangga dengan keharmonisan yang tercipta antara Bupati dan Wabup Tanjung Jabung Timur. Ini patut ditiru dan dicontoh," ungkapnya jujur.

"Mengenai LAMTERA, ini programnya pak Dandim. Pak Dandim ini sangat peduli dan sayang dengan warga Padang Pariaman sehingga keluhan warga terhadap penerangan dijawabnya dengan LAMTERA," jelasnya lagi.

Wabup mengatakan bahwa dengan porgram LAMTERA yang baru tiga titik lokasi ini sudah menerangi rumah penduduk sebanyak 150 unit. Dengan rincian, Kecamatan Sungai Limau 98 unit, Kecamatan Padang Sago 32 Unit dan Kecamatan 2 x 11 Enam Lingkung 20 unit.

Pada kesempatan yang sama, Dandim Letkol Arh Hermawansyah, S.IP menjelaskan bahwa program LAMTERA ini sifatnya sementara sampai aliran listrik dari PLN masuk.

"Kebutuhan penerangan merupakan kebutuhan vital, untuk itu kami berusaha membantu masyarakat dengan program ini. Jika PLN sudah masuk, kita harapkan perangkat yang ada bisa dipindahkan ke rumah yang belum dialiri listrik PLN," katanya menutup.

Selanjutnya dilakukan peninjauan di salah satu rumah yang sudah menikmati program LAMTERA.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.