News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Longsor Kembali Terjadi di Merangin

Longsor Kembali Terjadi di Merangin


THE JAMBI TIMES - MERANGIN - Curah hujan melanda berapa wilayah di kabupaten merangin mengakibatkan bencana alam, longsor hingga menutupi badan jalan penuh dengan tanah.


Parahnya lagi, berapa daerah, seperti menuju tabir barat sempat tidak bisa digunakan pengendaraan roda empat.


Mendapat pengaduan masyarakat, terjadinya bencana alam, membuat pemerintah merangin melalui Bidang Bina Marga PU Merangin turun tanggan.


"Dapat pengaduan masyarakat kita kerahkan lima alat berat menuju kelokasi wilayah jalan rusak, longsor.  Itu sudah kita tangani dan akses transformasi masyarakat sudah pulih kembali," ungkap Kabid Bina Marga Aspan selasa (29/11).


Penanganan darurat kerusakan jalan yang dilakukan yakni ruas jalan Sungai Kapas menuju Bukit Bungkul, kemudian ruas jalan Lipat Kajang dan Desa Rasau Renah Pamenang dan Tanjung Berugo Kecamatan Lembah Masurai.


Dikatakan Aspan, terjadinya kerusakan jalan dibeberapa wilayah tidak hanya dipengaruhi faktor curah hujan saja. Melainkan juga dipengaruhi, dengan pengguna jalan sendiri. Sebab, sampai saat ini pengguna jalan tidak mau mengurangi tonase angkutan perkebunan. Sedangkan kekuatan jalan masih terbatas dengan tonase 6-8 ton.


"Berbagai upaya dan penanganan sudah kita lakukan. Namun dengan keterbatasan peralatan tentunya hal ini kita lakukan bertahap," ujar Aspan.


"Pemkab tidak akan tinggal diam dengan kondisi dan situasi ini. Kita akan terus berupaya secepat mungkin untuk mengatasi dan memperbaiki kondisi jalan yang rusak. Ini masyarakat kita dan kita wajib melakukan penanganan serta tetap memberikan upaya yang terbaik," tambahya.


Untuk di wilayah ruas jalan Sungai Kapas menuju Bukit Bungkul sudah ditangani dengan menurunkan alat berat. Saat ini jalan tersebut sudah bisa dilalui meski sebelumnya juga dilakukan secara swadaya.

Sementara itu di wilayah Lipat Kajang, Tim Bina Marga sudah membangun jalan baru selebar 5.5 Meter. Upaya tersebut dilakukan dengan memangkas tebing untuk dibuka jalan baru, satu eksavator diturunkan.

"Saat ini warga sudah bisa melewati akses jalan tersebut," jelasnya.

Selai itu, Pemkab Merangin juga mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0420/Sarko melalui Danramil an Polres Merangin melalui Kapolsek serta masyarakat yang telah membantu dalam menangani bencana alam yang terjadi.

"Dengan koordinasi yang baik. Kita terus beruapay secepatnya merespon berbagai kerusakan jalan dan jembatan akibat bencana alam serta curah hujan. Pemkab tetap komitmen menangani hal ini secepatnya," pungkas (JP)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.