News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Tahun Baru Hijriah Pemkab Tanjabtim Gelar Festival Muharram

Tahun Baru Hijriah Pemkab Tanjabtim Gelar Festival Muharram


THE JAMBI TIMES - MUARA SABAK - Ada yang berpakaian Muslim, baju adat, seragam pramuka, seragam perguruan silat, kelompok karang taruna, pelajar sekolah dan organisasi masyarakat lainnya, berbaris memenuhi jalan Protokol Komplek Perkantoran Pemkab Tanjung Jabung Timur, lima ratusan nyala obor mengiringi perjalanan mereka menuju garis finish di halaman kantor Bupati.

Bukan hanya nyala obor yang semarak malam itu (1/10) sekitar 33 mobil hias ikut memeriahkan festival 1 Muharram 1438 Hijriah yang di gelar Pemkab Tanjung Jabung Timur, suara dentuman drum band dan group kompangan yang membawakan lagu-lagu islami ikut menambah meriahnya festival itu.

Warga tampak antusias ingin menyaksikan festival ini, terlebih pada puncak peringatan juga di gelar pesta kembang api.


“Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini peringatan 1 Muharam kita laksanakan semeriah mungkin, apalagi tahun ini, selain Tropi Kita  menyediakan hadiah uang tunai sebesar Rp 33 Juta untuk peserta pawai obor dan mobil hias,” ungkap  Bupati Tanjung jabung Timur, H Romi Hariyanto, SE.

Ini  merupakan wujud syukur Kita kepada Allah, maha pencipta yang telah melimpahkan nikmat dan kesehatan kepada semua masyarakat Tanjabtim.

"Kita berdo’a dan berharap kedepannya, semoga Tanjab Timur dapat lebih sejahtera lagi, masyarakatnya lebih makmur. Serta bisa merayakan dan mengadakan festival tahun baru Islam dengan lebih meriah lagi," ujarnya.

Sementara itu, Didin Sirojudin, Dewan juri dari Provinsi jambi menuturkan, biasanya peringatan Muharram hanya diperingati dengan pawai obor, baru kali ini peringatan Muharram di gelar dalam bentuk festival mobil hias, pawai obor dan kembang api, dan disiapkan hadiah bagi yang berpartisipasi.

“Saya sarankan Pemkab Tanjabtim menjadikan kegiatan ini menjadi ikon kabupaten, dan ini dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya,” tutur Didin.

Pada Lomba mobil hias tingkat SPKD,  Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Tanjab Timur berhasil meraih juara pertama, Sekretariat DPRD berhasil dijuara kedua dan Kesbangpol Linmas juara ketiga.

Untuk lomba mobil hias tingkat kecamatan, Kecamatan Mendahara unggul ditingkat ketiga. Sedangkan Kecamatan Sadu mendapat juara kedua dan Kecamatan Muara Sabak Timur berhasil meraih juara pertama.

Selain mendapat tropi, masing-masing jawara mendapat uang pembinaan, dengan besaran, juara pertama mendapat Rp 13 juta, juara dua Rp 8 juta dan juara ketiga menerima Rp 6 juta.

Sementara untuk pawai obor, utusan SMA Negeri 8 Tanjab Timur berhasil meraih juara pertama dan menerima uang pembinaan sebesar Rp 3 juta. Utusan Tapak Suci Putra Muhamadiyah mendapat juara dua dengan uang pembinaan Rp 2 juta dan utusan dari SMP Negeri 21 Tanjab Timur meraih juara ketiga dengan menerima uang pembinaan Rp 1 juta.(51N)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.