News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Koramil 415-11/Jambi Timur Lakukan Silaturahmi Lintas Agama

Koramil 415-11/Jambi Timur Lakukan Silaturahmi Lintas Agama



THE JAMBI TIMES - BATANGHARI - Koramil 415-11/Jambi Timur sebagai unsur pelaksana Kodim 0415/Batang hari mempunyai tugas melaksanakan pembinaan teritorial ( BINTER) diwilayah binaannya. Diera sekarang ini, kemampuan Babinsa sangat menentukan keberhasilan Binter.

Sehingga dalam melaksanakan tugasnya, seorang Babinsa harus selalu berkoordinaai dengan aparat wilayah terkait di desa seperti tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda.

Sehingga dapat melaksanakan tugas kegiatan binter di wilayah tanggung jawabnya dengan baik.

Babinsa dalam pelaksanaan binter mempunyai tugas pokok antara lain, memberikan laporan tentang kondisi sosial di wilayah binaannya secara berkala.

Seperti yang dilaksanakan anggota Koramil 415-11/Jambi Timur, Babinsa Kelurahan Sulanjana Serka Firman yang secara rutin melaksanakan kegiatan silaturahmi dengan Tokoh Agama di wilayah desa binaannya.

"Kegiatan silaturahmi ini bertujuan agar tercipta suasana yang sejuk dan damai. Semua agama, apapun itu, mengajarkan kepada umatnya untuk mengasihi dan menghormati umat manusia lainnya, apapun agama atau kepercayaan yang mereka anut, " ujar Babinsa Kelurahan Sulanjana.

Kerukunan umat beragama yaitu hubungan sesama umat beragama yang dilandasi dengan toleransi, saling pengertian, saling menghormati, saling menghargai dalam kesetaraan pengamalan ajaran agamanya dan kerja sama dalam kehidupan masyarakat dan bernegara.

Umat beragama dan pemerintah harus melakukan upaya bersama dalam memelihara kerukunan umat beragama, di bidang pelayanan, pengaturan dan pemberdayaan.

Pada kesempatan silaturahmi tersebut Babinsa Kelurahan Sulanjana Serka Firman berharap dan menyampaikan kepada para Tokoh Agama, termasuk komponen masyarakat lainnya untuk selalu menjaga Kerukunan antar umat beragama dapat diwujdkan dengan.

"Saling tenggang rasa, saling menghargai, toleransi antar umat beragama. Tidak memaksakan seseorang untuk memeluk agama tertentu. Melaksanakan ibadah sesuai agamanya, dan mematuhi peraturan keagamaan baik dalam agamanya maupun peraturan Negara atau Pemerintah, " ungkapnya.

Dengan demikian akan dapat tercipta keamanan dan ketertiban antar umat beragama, ketentraman dan kenyamanan di lingkungan masyarakat berbangsa dan bernegara dan turut serta menjaga keutuhan NKRI.

Membangun kesadaran pluralitas agama dan kerukunan hidup, sama dengan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa guna tetap tegaknya NKRI.

Demikian penyampaian Babinsa Kelurahan Sulanjana Serka Firman dihadapan Para Tokoh Lintas Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda serta Warga Masyarakat disekitar Wilayah Binaan Kelurahan Sulanjana. (Lik)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.