News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Melalui SPR, Masyarakat Bisa Kembangkan Perternakan

Melalui SPR, Masyarakat Bisa Kembangkan Perternakan


The Jambi Times - Sarolangun - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun melalui Dinas perikanan dan Peternakan terus mengembangkan peternakan pada masyarakat.
Upaya yang akan dilakukan pada 2016 adalah program Sentra Peternakan Rakyat (SPR), Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Sarolangun, Syamsul Huda tidak lama ini.
“2016 ini kita akan galakkan sentra peternakan rakyat,(SPR)” ungkap samsul huda kepada harian ini.


SPR lanjutnya, adalah suatu kawasan suntuk pengembangan komoditas sapi. Sapi-sapi tersebut dikelola dalam satu manajemen SPR yang terdiri dari beberapa kelompok tani.


SPR dikelola katanya, untuk mengarahkan para peternak agar bisa memiliki jiwa entrepreneurship. Sehingga peternak, selain memiliki kemampuan teknis diharapkan juga mempunyai kemampuan berbisnis.
“Tahap awal akan kita lakukan di Kecamatan Air Hitam. Karena diwilayah tersebut populasi ternaknya cukup banyak,” ucapnya.
SPR juga ungkapnya, merupakan langkah untuk memberdayakan kelompok tani. Sehingga kelompok tani yang telah bersatu tersebut bisa mengatur manajemen kelompok mereka dengan baik.
“Kita disini sebagai pengawas dan melakukan pembinaan untuk memberikan edukasi pada petani,” jelasnya.
Jelas samsul, SPR ini sebenarnya program dari pusat. Namun, sepenuhnya diserahkan pada dinas perikanan dan peternakan setempat.
“Kalau ini berhasil, harapan kita dapat dikembangkan ke kecamatan lain,” harapnya.
Dia mengatakan, meski program tersebut dari pusat, namun sejauh ini bantuan yang baru diberikan hanya bantuan manajemen. Sementara bantuan lain seperti bantuan bibit dan pakan pihaknya belum mendapat penjelasan.
“Kalau bantuan untuk pakan itu hanya alat pengolahan yang akan diberikan nantinya,” pungkasnya.(alamsyah)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.