News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Warga Batam Hentikan Aktifitas PT. RAL

Warga Batam Hentikan Aktifitas PT. RAL


The Jambi Times - Bangko  — Warga Dusun III Desa Salam Buku, Batang Masumai, Merangin, ramai-ramai menghentikan pengerukan dasar Sungai Batang Masumai yang dilakukan PT. Rudy Agung Laksana (RAL). Aktifitas itu sudah berlangsung berbulan-bulan.


Proyek APBN senilai miliaran rupiah tersebut dinilai berdampak sangat buruk terhadap warga. Apalagi pihak PT. RAL tidak pernah berkoordinasi dengan warga maupun pemerintahan desa setempat.

“Kami tidak tahu berapa jumlah pekerjaan ini karena tidak ada papan nama proyeknya. Kami dengar dibiayai dari APBN melalui Dinas PU Provinsi Jambi," ungkap Doni, warga Salam Buku.

Para tokoh masyarakat desa menilai, pendalaman dasar sungai tersebut dilakukan tanpa seizin warga setempat, terutama di Dusun III. Kepala dusunnya, Doni, mengatakan, pengerukan dasar sungai tersebut menimbulkan erosi dan merusak tempat pemandian umum warga.

Dalam aksinya, alat berat eksavator milik PT. RAL dihentikan warga. Mereka menggelar perundingan dengan pihak perusahaan, dihadiri Humas PT. RAL Ivan ,perwakilan Dinas PU Heri Gunawan, anggota BPD Salam Buku, dan tokoh masyarakat serta warga Dusun III.

Humas PT. RAL, Ivan, dihadapan warga menyanggupi penghentian sementara aktifitas perusahaannya. Ia akan melaporkan hasil perundingan tersebut ke pimpinannya.

Pengawas Lapangan Dinas PU Provinsi Jambi, Heri Gunawan, meminta pernyataan tertulis dari warga terkait penolakan pengerukan dasar Sungai Batang Masumai. Ia tidak mau memaksa warga menerima normalisasi sungai itu, asalkan ada pernyataan tertulis dari warga. (lik)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.