News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Ambo Tang: Bidan di Tuntut Meningkatkan SDM

Ambo Tang: Bidan di Tuntut Meningkatkan SDM


The Jambi Times - Muara Sabak - Pelaksana tugas Bupati Tanjung Jabung Timur Ambo Tang menghadari acara Hari Jadi Ikatan Bidan Indonesia (IBI)ke 64. 

 Dalam sambutannya, Ambo Tang mengharapkan, jatuhnya hari jadi uang ke 64 ini, bisa dijadikan momentum dan semangat untuk memberikan motivasi bagi bidan. 

 Terlebih khusus untuk bidan di Tanjab timur,agar terus meningkatkan kuantitas dan kwalitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya para ibu dan anak.

"Dari sisi organisasi, saya sangat yakin organisasi IBI sudah sangat kuat dan berakar,"kata Ambo Tang.

Terlebih lagi dikatakan Ambo Tang,kepengurusan IBI yang sudah terbentuk mulai dari tingkat pusat sampai pada tingkat cabang dan ranting. Ditambah lagi dengan jumlah keanggotaan IBI yang sudah mencapai ribuan.

"Namun dari sisi kualitas dan kuantitas masih sangat perlu ditingkatkan,"ujar Ambo Tang.
  menurut Ambo Tang sampai saat ini masih terdengar adanya kematian ibu dan bayi saat proses persalinan. Serta masih rendahnya motivasi ibu dalam menjaga kesehatan reproduksi.

"Disinilah peran dan fungsi tenaga bidan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dan sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Untuk itu pendekatan kepada masyarakat dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan wajib di tingkatkan,"jelas Amho Tang.

  Ambo Tang menyebutkan, profesi bidan bukanlah profesi yang mengemban tugas ringan. Namun memiliki tujuan besar dan tersirat dibalik besarnya harapan yang digantungkan kepundak para bidan. 

Tetapi dengan profesionalisme, kerja keras serta kesungguhan hati dan niat baik semua harapan akan menjadi sumber motifasi.

"Ini adalah modal utama bagi pengabdian bidan,"tambah Ambo Tang.

Selain itu juga lanjut Ambo Tang  seiring dengan kemajuan teknologi, bidan juga di tuntut meningkatkan kualitas pengetahuan masyarakat.

 Karena dengan majunya teknologi akan berdampak terhadap tuntutan peningkatan kualitas pelayanan yang lebih baik.

"Ini perlu disikapi oleh organisasi IBI,untuk terus meningkatkan SDM tenaga bidan,"ungkapnya
pemerintah memberikan aspek peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyrakat diantaranya, pemenuhan dan pemerataan tenaga bidan terus dilakukan secara simulta. 

Agar dapat memenuhi tenaga bidan dipedesaan dan daerah terpencil. Selain itu, pemerintah daerah juga telah mengalokasikan anggaran peningkatan jenjang pendidikan.

"pemkab juga memberikan TKD yang lebih besar terhadap bidan di desa yang terpencil. Ini salah satu bentuk upaya pemkab untuk mensejahtrakan tenaga bidan di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur,"tutupnya.(51N)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.