News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Lahan Anggrek Hutan Terbakar

Lahan Anggrek Hutan Terbakar





The Jambi Times – Muaro Jambi - Ratusan hektar  hutan dan lahan gambut di beberapa daerah di Jambi hangus terbakar.Misalnya  di wilayah tiga desa kecamatan Maro Sebo kabupaten Muaro Jambi,ratusan hektar lahan  konservasi tanaman anggrek hutan  Pematang Damar ludes terbakar.

Klik Videonya

Kebakaran lahan area konservasi anggrek hutan yang meliputi tiga desa yaitu,desa Mudung,desa Jambi Tulo dan desa Kambi Kecik kecamatan Maro Sebo kabupaten Muaro Jambi hampir seluas kurang lebih enam ratus hektar ini ludes di lalap api.

Api yang membakar lahan gambut area konservasi habitat anggrek hutan ini sudah berlangsung hampir dua bulan.

Di duga kuat akibat terbakarnya lahan ini di sengaja oleh kelompok tani dari pihak perusahaan perkebunan  kelapa sawit.

Anggota TNI dari babinsa di tiga desa di bantu masyarakat turun ke lokasi kebakaran untuk memadamkan api.

Mereka memadamkan api dengan cara tradisional dengan cara memukul mengunakan kayu ke bara api ,namun asap di lahan area konsrvasi terus membesar.

Hal ini di akibatkan ,sulitnya mencari persediaan air dan sulitnya medan karena area yang terbakar adalah lahan gambut.

Menurut keterangan warga desa Jambi Tulo,Adi mengatakan bahwa kebakaran lahan konservasi ini di duga kuat di sengaja oleh oknum kelompok tani yang pro dengan perusahaan untuk membuka lahan perkebunan kelapa sawit.

Berdasarkan sumber Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD)Jambi,titik api sejak tiga bulan terakhir tercatat sebanyak tujuh puluh hotspot(titik api) yang tersebar di lima kabupaten.

 Seperti kabupaten Muaro Jambi,Batanghari,Tebo,Merangin,Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur.

Hingga berita ini di turunkan kebakaran lahan area konservasi anggrek  hutan tersebut makin meluas, sulitnya medan dan  air membuat api tidak dapat di atasi.(Tim-JT)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.