News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Paripurna LKPJ 2014, 98 Persen Target PAD Tercapai

Paripurna LKPJ 2014, 98 Persen Target PAD Tercapai


The Jambi Times - Bangko - Bupati Merangin Al Haris,Rabu (15/4/2015) menyampaikan pengantar laporan keterangan pertanggungjawaban akhir tahun anggaran 2014. Pidato pengantar tersebut, disampaikan pada rapat paripurna istimewa DPRD Merangin.

Pada paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Merangin  Zaidan itu, bupati mengatakan LKPJ merupakan rangkuman gambaran barbagai program pembangunan yang telah dilaksanakan.

“LKPJ ini termasuk kendala dalam penyelenggaraan pemerintah daerah. LKPJ ini disusun mengacu kepada ketentuan pasal 18 sampai 22 peraturan pemerintah No. 3 tahun 2007,” ujar Bupati.

LKPJ ini lanjut bupati, meliputi laporan tentang arah kebijakan umum pemerintah daerah, laporan kebijakan pengelola keuangan daerah secara makro, laporan penyelenggaraan urusan pemerintahan, laporan penyelenggaraan tugas pembantuan dan penyelenggaraan tugas umum pemerintah.

LKPJ bupati Merangin ini terang Al Haris, merupakan progress report atas pelaksanaan tugas dan pencapaian kinerja selama 2014. LKPJ tersebut sekaligus merupakan akuntabilitas bersama antara lembaga pemerintah daerah dan DPRD.

Secara garis besar terang bupati, pendapatan daerah 2014 terus mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Target pendapatan 2014 direncanakan sebesar Rp 1,05 triliun,namun terealisasi sebesar Rp 1,04 triliun atau 98,67 persen.

“Ini artinya target yang belum tercapai Rp 13,9 miliar atau 1,33 persen. Penerimaan itu diperoleh dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 62,5 miliar, dana perimbangan sebesar Rp 805 miliar,” terang Bupati.

Selain itu dari pendapatan lain yang sah, bersumber dari pendapatan hibah, dana darurat, dana bagi hasil pajak, dana penyesuaian dan otonomi khusus serta bantuan keuangan dari provinsi atau pemerintah daerah lain sebesar Rp 185 miliar.

Pada kesempatan itu bupati juga menyampaikan pokok-pokok penjelasan secara garis besar capaian pembangunan selama tahun anggaran 2014 dari berbagai bidang.

Sementara itu, Ketua DPRD Merangin Zaidan Ismail kepada wartawan mengaku bahwa berbagai visi dan misi yang dicanangkan Bupati telah berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan.

“Target tercapai, dan program visi dan misi bupati sebagaimana kehendak rakyat dan program berbasis kepentingan masyarakat,” tandas Zaidan. (lik)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.