News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Istri Gubernur : Kader Terus Berdayakan Keluarga

Istri Gubernur : Kader Terus Berdayakan Keluarga




The Jambi Times - Jambi - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi,Yusniana Hasan Basri menghimbau kader PKK untuk terus semangat memberdayakan dan menyejahterakan keluarga. Himbauan tersebut dikemukakan oleh Ketua TP PKK Provinsi Jambi dalam Silaturrahmi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi dan Jajaran dengan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali dan Rombongan, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Minggu (26/4) malam.

Kunjungan kerja Tim Penggerak PKK Provinsi Bali ke Provinsi Jambi adalah dalam rangka melakukan studi banding tentang Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK ke Kabupaten Merangin.

Yusniana menyarankan kader PKK Provinsi Jambi saling berbagi informasi dan pemikiran dengan para kader PKK Provinsi Bali yang datang studi banding ke Provinsi Jambi, untuk meningkatkan peran PKK, yang diharapkan bisa meningkatkan semangat kader PKK dalam menjalankan fungsi dan perannya.

Untuk meningkatkan kinerja PKK, Yusniana menuturkan tiga langkah strategis, yaitu: pertama, Seluruh kader PKK seyogianya terus berupaya untuk meningkatkan pemahaman tentang hakekat pemberdayaan masyarakat, agar bentuk pemberdayaan keluarga yang dikembangkan senantiasa memiliki keterkaitan dengan aspek-aspek pemberdayaan, yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

 Kedua, Memahami manajemen pembangunan partisipatif sebagai salah satu strategi pemberdayaan masyarakat, sehingga seluruh kader PKK dapat mengembangkan kesejahteraan keluarga dan demokratisasi dalam keluarga.

Ketiga, Setiap kader PKK harus memahami kedudukan, peran, dan fungsi berbagai dinas/instansi yang mempunyai tugas pokok dan fungsi dalam pemberdayaan keluarga dan pemberdayaan masyarakat, agar dapat berkoordinasi dan memaduserasikan gerak langkah program dan kegiatan pemberdayaan yang dilaksanakan.

Yusniana menyatakan, seluruh upaya yang dilakukan oleh PKK harus diarahkan pada terwujudnya kehidupan keluarga yang lebih maju, bahagia, sehat, dan sejahtera.

Yusniana mengungkapkan, sebagai mitra pemerintah, PKK harus berperan aktif dalam upaya penanggulangan kemiskinan melalui pelaksanaan 10 program PKK, misalnya melalui UP2K PKK, sesuai dengan situasi dan kebutuhan daerah, dimana kemiskinan merupakan permasalahan yang dihadapi pemerintah dan masyarakat.

Yusniana menghimbau para kader PKK supaya senantiasa aktif dalam kegiatan Posyandu, pelayanan bagi kaum Lansia, pelatihan keterampilan bagi ibu rumah tangga, remaja putri, dan anggota keluarga lainnya, penyuluhan tentang KB dan kesehatan reproduksi, bahaya penyalahgunaan narkoba, penyuluhan tentang makanan Bergizi, Beragam, dan Berimbang (3B).

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Ayu Pastika, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kedatangan mereka ke Provinsi Jambi adalah untuk melakukan studi banding tentang Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK.

Dikatakan oleh Ayu Pastika, dalam lomba PKK tingkat nasional, PKK Provinsi Bali meraih prestasi dalam 8 dari 9 lomba, dan tinggal 1 yang tidak meraih prestasi, yaitu dalam UP2K, sementara Provinsi Jambi melalui Tim Penggerak PKK Kabupaten Merangin menang dalam lomba UP2K, Pakarti Utama.

Ayu Pastika menjelaskan profil singkat Provinsi Bali, yang terdiri dari 8 kabupaten dan 1 kota, penduduk 4,2 juta jiwa, tingkat pengangguran 1,37% yang merupakan tingkat pengangguran terendah di Indonesia, dan persentase kemiskinan 4,53%.

Ayu Pastika berharap agar kunjungan kerja PKK Provinsi Bali ke Provinsi Jambi ini membawa manfaat bagi kedua belah pihak, guna meningkatkan peran PKK dalam upaya pemberdayaan dan menyejahterakan keluarga.

Pada kesempatan tersebut dilakukan saling tukar cindera mata antara Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi dengan Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Provinsi Bali.

Tarian Zara Zapin dan persembahan beberapa lagu memeriahkan silaturrahmi tersebut(Tim-JT)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.