News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Bank BUMN Bakal Bergabung?

Bank BUMN Bakal Bergabung?


The Jambi Times - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengharapkan adanya konsolidasi perbankan nasional. Langkah itu sebagai bentuk antisipasi dalam menghadapi liberalisasi jasa keuangan dalam program Masyarakat Ekonomi ASEAN di sektor perbankan tahun 2020.

Untuk itu, Bambang akan meminta Menteri BUMN Rini Soemarmo melakukan penggabungan perbankan pelat merah, yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN.

"Indonesia harus memiliki bank besar kalau mau bersaing dengan bank-bank Singapura," ujar Bambang seperti dikutip dari laman merdeka.com, Jumat, 31 Oktober, 2014.

Sayangnya, harapan menteri keuangan baru itu ditanggapi negatif oleh pihak perbankan. Pasalnya, menurut Direktur Utama Bank Negara Indonesia Gatot Suwondo, tindakan konsolidasi itu tepat dilakukan dalam keadaan krisis ekonomi.

"Merger dan akuisisi baru efektif dalam kondisi semua perbankan sedang dalam keadaan loss," katanya.

Gatot menambahkan langkah konsolidasi itu bukan merupakan jaminan perbankan Indonesia siap menghadapi liberalisasi sektor keuangan Asean pada 2020. Apalagi dalam kondisi ekonomi dan fundamental perbankan yang sedang baik seperti saat ini, justru yang diperlukan adalah konsolidasi strategis seperti yang diharapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"Konsolidasi strategis seperti pembagian tugas antarbank. Bank ini menggarap apa, bank itu menggarap apa," tandas Gatot. (Ism, Merdeka )

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.