News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Ibu Gubernur Jambi,PAUD Tingkatkan Kerjasama Dan Koordinasi

Ibu Gubernur Jambi,PAUD Tingkatkan Kerjasama Dan Koordinasi


(Ilustrasi)

The Jambi Times - Jambi - Tim Penilai Bunda PAUD dari pusat yang datang ke Provinsi Jambi terdiri dari dua orang, yaitu Sinung Widodo, dari Praktisi Penilaian Independen dan Aditya Wahyu dari Direktorat PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

“Saya berharap adanya kerjasama yang baik antara organisasi serta para guru PAUD, PGabungan Organisasi Pengurus Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) GOPTKI, IGTKI, Forum PAUD, dan Dinas Terkait leading sector yaitu Dinas Pendidikan, tepatnya Bidang PAUD dan juga Dinas Kesehatan, serta Dinas Sosial,” ujar Hj.Yusniana.
“Jadi, dengan adanya koordinasi kerjasama itu, harapan kita, mudah-muahan, khusus Provinsi Jambi ini kalau bisa kita mendapatkan juara pertama, dan tentunya harapan saya sebagai Bunda PAUD Provinsi Jambi agar koordinasi seluruh instansi terkait lebih ditingkatkan lagi,” lanjut Yusniana.

Dikatakan oleh Hj.Yusniana, sebelum tim pusat datang ke Jambi, Pemerintah Provinsi Jambi telah terlebih dahulu melakukan acara khusus PAUD di Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, dan dalam acara itu dinilai Bunda PAUD Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, dan yang mendapatkan juara pertama adalah Bunda PAUD Kabupaten Tebo. “Dan, tim dari Pusat datang ke Provinsi Jambi, langsung ke Tebo, menilai Kabupaten Tebo,” ungkap Hj.Yusniana.

“Di Provinsi Jambi itu apa saja yang sudah dilakukan, ternyata beliau (Hj.Yusniana HBA selaku Bunda PAUD Provinsi Jambi) sudah melakukan penobatan Bunda-bunda PAUD tingkat kecamatan hingga desa, dan langsung turun ke lapangan. Ini sudah satu poinlah, beliau mau terjun dengan medan yang sangat berat. Kami baru pulang dari Kabupaten Tebo, luar biasa capek, berat, tiga jam ternyata,” ungkap Sinung Widodo.
Menjawab pertanyaan wartawan, apakah sudah ada nominator Bunda PAUD terbaik se Indonesia, Sinung Widodo menjelaskan, belum ada nominator, tetapi nanti setelah evaluasi daerah selesai, akan ditentukan nominatornya

“Kita sudah memberikan juknis (petunjuk teknis) 10 instrumen penilaian, diantaranya, peran Bunda PAUD dalam peningkatan alokasi APBD terhadap PAUD, peran Bunda PAUD dalam penobatan PAUD hingga ke tingkat desa, peran Bunda PAUD dalam menggali potensi mengorganisir organisasi mitra, mencanangkan CSR Satu Desa Satu PAUD,” urai Sinung Widodo.

“Kita apresiasi Bunda PAUD sini mau terjun langsung, tidak banyak Bunda PAUD yang mau melakukannya. Di Jawa sama luar Jawa kan beda, kalau di Jawa kan gampang ya, kalau mau ke kabupaten gampang, kalau di sini kan medannya sulit. Kemarin di Kabupaten Tebo harus sampai naik ketek, harus ampai naik perahu, harus nyebrang dan sebagainya. Ini kan sesuatu yang luar biasa bagi kami, karena beliau mau turun sampai lokasi-lokasi terpencil,” ungkap Sinung Widodo.

Sinung Widodo mengatakan, pemberitahuan Bunda PAUD terbaik se nasional akan dilaksanakan pada pertengahan bulan November ini, kemungkinan minggu ketiga November 2013 dalam rangka Rapat Koordinasi Nasional Bunda PAUD.

“Penilaian Bunda PAUD terbaik se nasional ini baru pertama kali dilaksanakan dan penghargaannya direncanakan akan diberikan oleh Ibu Negara RI, Hj.Ani Yudhoyono. Kalau tidak Ibu Negara, Pak menteri atau Bu Dirjen,” tambah Aditya Wahyu.

            Erni, Kasi PAUD Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, menjelaskan bahwa penilaian Bunda PAUD terbaik ini merupakan kegiatan APBN, yang mana dalam penilaian Bunda PAUD tersebut, ada 3 hal yang diapresiasi, yaitu: 1.Apresiasi terhadap lembaga PAUD berprestasi, 2.Apresiasi terhadap gugus PAUD berprestasi, dan 3.Apresiasi terhadap Bunda PAUD berprestasi

“Lembaga PAUD yang masuk ke tingkat nasional untuk lembaga PAUD Provinsi Jambi adalah Citra Nusantara School (CNS) di Tanjung Sari, Kota Jambi. Gugus (inti) adalah TK Al-Falah. Dan, Imbas (pendamping) adalah TK Pertiwi (Broni, Kota Jambi) dan Kelompok Bermain (KB) Murni di Murni, Kota Jambi. Bunda PAUD berprestasi atau terbaik untuk tingkat kabupaten/kota se Provinsi Jambi adalah Bunda PAUD Kabupaten Tebo,” tutur Erni.(Tim-JT/Hs)


         

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.