News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Siti Nurbaya: Lolos Jerat Mobil Pemadam

Siti Nurbaya: Lolos Jerat Mobil Pemadam




The Jambi Times - Jakarta - Sejatinya Siti Nurbaya Bakar adalah seorang birokrat. Perjalanan waktu membawanya malang melintang sebagai politikus sebelum Presiden Joko Widodo mengembalikannya ke birokrasi sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pada Minggu (26/10).

Karir birokrasi Siti dimulai dari Kantor Pemerintah Provinsi Lampung dan berakhir jadi Sekretaris Jenderal di Kementerian Dalam Negeri era Soerjadi Soedirja dan Hari Sabarno, dari 2001-2005.

Posisi di Departemen Dalam Negeri ini sempat membuatnya terseret kasus pengadaan mobil pemadam kebakaran yang menjerat Hari Sabarno. Tapi dia lolos dari jerat Komisi Pemberantasan Korupsi karena disebut proyek itu tak melalui dirinya.

Ketua DPP Partai Nasional Demokrat ini meraih gelar sarjana dari Institut Pertanian Bogor. Gelar gelar master diperoleh dari International Institute for Aerspace Survey and Earth Sciences, Enschede, Belanda tahun 1988, dan gelar Doktor di IPB kolaborasi dengan Siegen University, Jerman tahun 1998.
"Doktor bidang planning dan menjadi profesional. Saya minta kawal lingkungan hidup kita ke depan," kata Joko Widodo di Istana Negera, Minggu (26/10).
Tentang pencapaian akademik ini, Siti pernah mengatakan bahwa dirinya adalah pegawai negeri sipil (PNS) pertama yang meraih master pada 1988 dan peraih doktor pertama dari kalangan birokrat pada 1998. Setelahnya, banyak PNS dan birokrat yang meraih pendidikan tinggi.

Perempuan kelahiran 28 Agustus 1956 ini pernah mengisahkan bahwa dirinya sebetulnya sempat masuk nominasi Menteri Dalam Negeri pada 2000 dan 2004. Kini Siti tak sekadar masuk nominasi, Presiden Jokowi telah menetapkannya jadi menteri.(eno/ded/cnni/ft:lpnt6)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.