News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Kepala Sekolah Ajak Tingkatkan Pogram PINTAR

Kepala Sekolah Ajak Tingkatkan Pogram PINTAR

 


The Jambi Times, MUAROJAMBI  | Melalui Program PINTAR (Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran), Tanoto Foundation di Kabupaten Muaro Jambi mendampingi sekolah dan madrasah meningkatkan Peran serta Masyarakat yang menjadi mitra.

Kegiatan diseminasi praktik baik pembelajaran dan budaya baca modul I bagi sekolah  mitra Tanoto Foundation ini sudah dilaksanakan di awal tahun Pelajaran 2021/2022 dalam keadaan pandemi melanda.

Salah satu sekolah yang  termasuk sekolah mitra Tanoto Foundation adalah SDN 121/IX Jerambah Bolong. Sekolah tersebut terletak di Desa Mekar Jaya Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. 

Kepala SDN 121/IX Jerambah Bolong Kabupaten Muaro Jambi Rasyidi, S.PdI Saat diwawancarai Media ini di ruang kerjanya ,Jum'at (17/09/2021) mengatakan walaupun masih termasuk Sekolah yang terletak di Desa dalam Kabupaten Muaro Jambi, 

"lokasi sekolah ini berbatasan dengan Kota Jambi  namun  peran serta masyarakat khususnya orang tua siswa dalam penyelenggaraan pendidikan selama ini sangat minim,"ungkapnya. 

Lanjut dikatakan Rasyidi,Partisipasi masyarakat selama ini belum ada baik dukungan dana maupun dukungan laiinya,sementara dukungan lain seperti pemikiran, moral, dan barang/jasa juga kurang mendapat perhatikan.

"Akuntabilitas sekolah terhadap masyarakat juga lemah,Sekolah tidak merasa berkeharusan untuk mempertanggungjawabkan hasil pelaksanaan pendidikan kepada masyarakat, khususnya orang tua siswa, sebagai salah satu unsur utama yang berkepentingan dengan pendidikan (stakeholder),"tuturnya.

Selain itu Rasyidi mengatakan Pendidikan bukan hanya kewajiban pemerintah, sekolah, dan guru saja, tetapi juga menjadi tanggung jawab keluarga dan masyarakat. 

"Masyarakat diharapkan peran sertanya dalam melaksanakan dan menyelenggarakan pendidikan, terutama dalam mendidik moral, norma, dan etika yang sesuai dengan agama dan kesepakatan masyarakat serta menumbuhkan budaya baca. tentunya kita paham, bahwa siswa belajar di sekolah dalam waktu terbatas, sedangkan waktu terbanyak ada di rumah dan masyarakat,"paparnya.

Lanjutnya Rasyidi,Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa pendidikan merupakan masa depan bangsa.  Oleh sebab itu, sudah menjadi kewajiban bagi semua untuk memikul tanggung jawab bersama dalam menyiapkannya menghadapi masa depan. Di sinilah peran penting masyarakat secara aktif dalam penyelenggaraan pendidikan dengan menyumbangkan tenaga, dana, dan pikiran serta bentuk-bentuk peran serta lain bagi terselenggaranya pendidikan yang berkualitas.

"Salah satu upaya sekolah untuk meningkatkan peran serta masyarakat adalah membentuk Peguyupan orang tua siswa.

Paguyuban kelas merupakan perkumpulan orang tua murid dalam suatu kelas yang bertujuan untuk membangun, menumbuhkan, dan meningkatkan partisipasi kepedulian dan tanggung jawab orang tua dengan memberikan saran dan masukan dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa,dengan adanya Peguyupan maka maka program sekolah akan mudah di jalankan melalui kalaborasi Bersama wali kelas dengan Program MBS kepala sekolah,"tutupnya.

Adapun ruang lingkup Program MBS yang akan dilaksanakan dalam Program Pintar Penggerak adalah

Guru Kreatif MBS yakni,

1.budaya Baca Peran Serta Masyarakat.Sebagai kepala sekolah, saya langsung menugaskan para guru untuk mengikuti diseminasi praktik baik pembelajaran, guru kreatif dan 

2.budaya baca Untuk mewujutkan Program di atas Langkah-langkah yang dilakukan Kepala sekolah adalah Mensosialisasikan Program MBS Kepala Sekolah Kepada Guru dengan cara Diskusi beberapa kali dengan Guru. Mememberi Penguatan kepada guru betapa pentingnya kinerja guru kreatif dan Menumbuhkan budaya baca bagi siswa dan menaktifkan peran serta masyarakat di sekolah.

Mengundang Wali murid secara simultan perkelas dan menjelaskankan program MBS Kepala Sekolah, serta memberi pemahaman kepada Wali murid pentingnya menumbuhkan budaya baca serta peran Memungkinkan peran serta masyarakat agar masyarakat sama-sama bertanggung jawab terhadap Mutu Pendidikan.

Menyediakan tempat Kreasi Masyaraakat dan guru dalam kelas dengan cara mendekorasi kelas dan menyediakan Sudut baca kreatif.

Tanggapan dan Wujud Peran serta masyaakat.

Setelah di beri Penguatan kepada seluruh guru dan di beri pemahaman kepada masyarakat melalui peguyuban wali murid di masing-masing kelas, wali kelas dan masyarakat memberi respon positif.(Sbh)


 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.