News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Satgas Yonif RK 136 dan Warga Peringati Pengibaran Merah Putih di Leihitu

Satgas Yonif RK 136 dan Warga Peringati Pengibaran Merah Putih di Leihitu


                                
The Jambi Times, JAKARTA | Tanamkan nilai dan semangat patriotisme, Satgas Yonif 136/TS bersama warga peringati 70 tahun pengibaran Bendera Merah Putih di Negeri Leihitu, Maluku Tengah.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 136/TS Letkol Inf Hasbul Hayiek Lubis dalam keterangan tertulianya di Maluku Utara, Jumat (27/12/2019).

Diungkapkan Dansatgas, untuk mengenang dan memperingati pengibaran bendera Merah Putih di Negeri Leihitu Maluku Tengah pertama kali pada  70 tahun lalu,  personel Satgasnya bersama personel Kodim 1502/Masohi beserta Muspika dan warga setempat menggelar upacara bersama. 

"Upacara ini merupakan peringatan dikibarkannya Bendera Merah Putih pertama kali 70 tahun yang lalu di daerah ini, setelah Indonesia Merdeka pada tahun 1945, " tuturnya.

Diungkapkan Danstgas, tanggal 27 Desember 1949 adalah masa yang bersejarah bagi masyarakat Jazirah Leihitu dan Maluku pada umumnya. 

"Para pejuang  kemerdekaan di daerah   ini merasa bangga saat NKRI diakui secara yuridis,  meski untuk mempertahankan kemerdekaan penuh darah dan pengorbanan," imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskan Dansatgas, upacara tersebut dipimpin oleh Komandan Kodim 1502/Masohi Letkol Inf Nunung Wahyuni selaku Inspektur Upacara dan Komandan Pos Morela Letda Inf Panca selaku Komandan upacara.

Tema yang diusung pada peringatan ini “Menjadikan Negeri Hitumessing sebagai Negeri perjuangan menuju Jazirah Leihitu yang aman dan damai".

”Peristiwa pengibaran Bendera Merah Putih pada tanggal 27 Desember 1949 di Negeri Hitumessing Kecamatan Leihitu merupakan peristiwa heroik yang patut dikenang bersama”, ungkapnya.

“Terlebih sebagai generasi muda yang menghirup udara kemerdekaan dan bebas dari penjajah,  dengan momen penaikan bendera ini,  nilai nasionalisme dan patriotisme kembali diwujudkan, ” ujarnya.

Turut hadir dalam upacara peringatan tersebut Kababinminvetcaddam XVI/Ptm Kol. Arm Yoko Widyatmoko, Kapolsek Leihitu Iptu Djafar Lessy S.E., beserta jajaran, Dansatgas Yonif RK 136/TS, para Veteran,  dan Ormas kepemudaan setempat. (Dispenad).

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.