News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

28 Desa Tanjung Jabung Timur Menyelenggarakan Pilkades Serentak

28 Desa Tanjung Jabung Timur Menyelenggarakan Pilkades Serentak

 
The Jambi Times, MUARASABAK | Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto menegaskan bahwa pilkades seharusnya menjadi ajang edukasi politik sehat bagi warga desa. Karena itu ia berharap semua pilkades di 28 desa nanti, wajib mengedepankan rasa persaudaraan, menghindari potensi perpecahan sekecil - kecilnya. Caranya, semua kandidat harus di breefing sedemikian rupa untuk tidak terjebak pada politik hujat, benci, apalagi provokasi. “Sara harus dihindari. Tidak ada toleransi bagi yang melanggar, jika perlu berlakukan sanksi maksimal berupa diskualifikasi, silahkan kampanye atau sosialisasi, tapi jangan menyerang lawan. Ingat, kekeluargaan di desa itu bisanya jauh lebih kental dari pada di kota. Jangan karena ambisi, kerukunan dan kekompakan selama ini jadi rusak,”pesan Romi.
 
 Pesan itu disampaikan Romi saat membuka sosialisasi pilkades serentak 2019, di ruang pola kantor bupati di Muarasabak, Selasa (27/8) pagi. Hadir 28 kepala desa, BPD, camat 11 Kecamatan, aparatur desa dan para kepala Seksi Pemerintahan tiap kecamatan. Tampak pula Kapolres yang diwakili Kabag Ops AKP Alhajjat. 

Bupati Romi juga meminta agar seluruh panitia yang terlibat dalam gelaran pilkades nanti selalu mengedepankan koordinasi dengan aparat TNI dan Polri di wilayah masing - masing. “Saya minta semua Camat memastikan koordinasi itu berjalan sinergi. Apa pun potensi gangguan apalagi konflik horizontal harus mampu terdeteksi sejak dini, cepat ambil langkah yang dianggap perlu. Kita wajib memastikan kondusivitas wilayah kita ini terus terjaga,”tambah Romi.

Romi minta seluruh tahapan pilkades berjalan sesuai koridor. Tidak boleh ada intervensi dari pihak manapun terkait semua tahapan itu. Mulai pendaftaran hingga pemungutan suara. “Panitia harus tegas, berwibawa, fair dan bertindak adil untuk setiap calon maupun pemilih yang berhak,”tandas bupati.(adv hms)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.