News Breaking
Live
wb_hadi

Breaking News

Debat Kedua Ajang Kembuktian Komitmen Bukan Janji

Debat Kedua Ajang Kembuktian Komitmen Bukan Janji



Jerry Massie Pengamat Politik Indonesian Public Institute

Diantara kedua paslon baik Jokowi dan Prabowo harus pertegas komitmen mereka.
Didebat pertama,  publik tak mendapatkan tontonan berkualitas.

Darangkali debat kedua ini, saya yakin atmosfer akan berubah. Kendati debat awal terlalu formatif dan one man show diharapkan pada debat kali ini lebih all out. 

Saya berharap keduanya lebih garang dan sangar lagi dalam pemaparan secara konseptual.

Kiranya 5 isu yang dibahas baik pangan, SDA, infrastruktur, Energi punya content (isi), value (nilai), quality (kwalitas), benefit (manfaat), dan goal setting (sasaran). Paling tidak mereka harus paham apa kebutuhan (needs)  publik saat ini bukan sekadar keinginan (wants) atau isu jual kecap. 

Sebetulnya, mengungkapkan kelemahan dalam debat tak masalah tapi sesuai koridor yang berlaku. Jangan main hantam kromo tanpa solusi.

Segmen lingkungan hidup perlu menjadi skala prioritas. Dimana sampah plastik Indonesia berada diurutan kedua terbesar di dunia. Begitupula eksploitasi dan eksplorasi lingkungan hidup. 

Misalkan laju deforestasi mencapai 1,8 juta hektar/tahun yang mengakibatkan 21% dari 133 juta hektar hutan Indonesia hilang. Hilangnya hutan menyebabkan penurunan kualitas lingkungan, 
meningkatkan peristiwa bencana alam, dan terancamnya kelestarian flora dan fauna. Sekitar 30% dari 2,5 juta hektar terumbu karang di Indonesia mengalami kerusakan. Kerusakan terumbu karang meningkatkan resiko bencana terhadap daerah pesisir, mengancam keanekaragaman hayati laut, dan menurunkan produksi perikanan laut.

Ini harus menjadi perhatian serius kedua capres.


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.